Begini Cara Transfer Data Antar Ponsel Samsung Galaxy
Samsung Galaxy dengan Android. (foto: dok. Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Agar berbagai file Anda tidak hilang, Android memiliki kemampuan mencadangkan data ponsel dengan cepat, sehingga Anda dapat memulihkannya saat mengganti ponsek Anda.

Anda dapat membuat cadangan foto, video, file, log panggilan, teks, aplikasi, dan preferensi perangkat Anda. Meski Anda belum membuat cadangan, berpindah perangkat bukan berarti Anda harus kehilangan data apa pun.

Saat ini, banyak produsen Android menawarkan aplikasi untuk mentransfer data dari perangkat lama ke perangkat baru. Samsung misalnya, dia memiliki aplikasi Smart Switch Mobile.

Anda dapat mentransfer data tanpa batas antar perangkat Samsung, Android biasa ke Samsung, dan iPhone ke perangkat Samsung dengan aplikasi itu. Bahkan beberapa ponsel Windows dan Blackberry lama juga didukung.

Cara Transfer Data Antar Ponsel Samsung Galaxy

Perlu dicatat, Anda harus menginstal aplikasi Samsung Smart Switch di kedua perangkat untuk melakukan transfer, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store.

Kemudian Anda dapat menambatkannya, baik dengan kabel USB atau secara nirkabel. Pastikan baterai Anda terisi dengan penuh.

1. Luncurkan aplikasi yang sama di perangkat lama, izinkan semua yang diperlukan, dan ketuk Kirim data.

2. Pilih antara nirkabel dan kabel. Satukan kedua perangkat jika Anda menggunakan nirkabel. Atau sambungkan melalui kabel USB.

3. Perangkat akan menunggu untuk terhubung.

4. Buka aplikasi Samsung Switch dan pilih Receive data. Atau, navigasikan ke Pengaturan, temukan Smart Switch, dan klik Bawa data dari perangkat lama.

5. Pilih Galaxy/Android sebagai sumber di menu Galaxy/Android, iPhone/iPad, and Windows phone.

6. Sekali lagi, pilih antara nirkabel atau kabel di Galaxy baru.

7. Klik Ya pada pop-up izinkan koneksi di perangkat lama.

8. Pilih data yang ingin Anda transfer, misal semuanya, hanya kontak, panggilan, dan pesan, atau kustom.

9. Transfer akan dimulai secara otomatis, bersamaan dengan berapa persen data yang sudah dikirim. Demikian dikutip dari Slashgear, Senin, 26 Desember.