LRT Jabodebek Diupayakan Bakal Bisa Beroprasi Juli 2023
 LRT Jabodebek (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada kabar gembira nih, paşalıya Pemerintah moda transportasi light rail transit LRT Jabodebek akan beroperasi secara komersial akhir Juli 2023. Tadi pagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta para menteri dan sejumlah petinggi lainnyamenjalankan uji coba LRT dari Harjamukti ke Taman Mini Indonesia Indonesia dengan jarak sembilan kilometer dengan durasi perjalanan 12 menit.

Dalam keterangan pers di Stasiun Manggarai, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan jika LRT Jabodebek dapat melaju sampai kecepatan 80 km/jam dan tanpa masinis.

 LRT Jabodebek 

Foto: Dok. Kemenhub

 

"Tadi pak presiden menyinggung, karena pas di dalam bilang 'Wah ini enak juga ya, tidak goyang, tidak berisik, cepat lagi'. Pak presiden minta ini segera diselesaikan," kata Budi Karya.

Berdasarkan dirinya, sejatinya proyek LRT telah selesai. Tapi, sinkronisasi dari cara diperlukan.

"Bayangkan nanti kereta api itu nanti tiap 3 menit datang kereta baru. Tentu komunikasinya seharusnya dilihat, hingga ke spot pemberhentian itu mesti tepat dengan jadwal keberangkatan," ujar Budi Karya.

"Oleh karenanya kami disetujui oleh bapak presiden untuk dilanjuti dan Juli (2023) kita resmikan," lanjutnya.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menambahkan Jokowi menyimpan perhatian besar kepada proyek LRT Jabodebek, ditandai dengan pengetesan segera hari ini.

"Kereta itu berjalan tanpa masinis, jadi digerakkan dari operational control center yang ada di Bekasi, sehingga kini ini pengetesan di lintas pelayanan I. Prinsipnya telah selesai," ujarnya.

Sesudah itu, berdasarkan Didiek, akan dijalankan pengetesan lintas pelayanan Harjamukti hingga Dukuh Atas serta Cawang menuju Bekasi Timur.

"Harapannya, di akhir Juni atau akhir Juli 2023, LRT akan kita operasikan," ujarnya.

Lebih lanjut, Didiek memperkirakan pada tahun pertama, akan ada 137 ribu penumpang yang diangkut.

"Dengan harga yang relatif murah, dan dengan pengaplikasian pembayaran elektronik," ujar Didiek.

LRT Jabodebek Program siapa?

Metode LRT ini masih dalam progres konstruksi yang rencananya akan dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia. Pembangunan LRT Jabodebek melibatkan empat BUMN yaitu PT Adhi Karya, PT Len Industri, PT INKA, dan PT Kereta Api Indonesia. Ditargetkan, LRT Jabodebek mulai operasikan pada Juni 2023.

Berapakah kecepatan rata-rata LRT?

Kereta LRT Jakarta akan dioperasikan dengan kecepatan rata-rata sekitar 50 KM/Jam dan bisa menempuh kecepatan maksimum sampai 90 KM/Jam.

Apa beda nya MRT dan LRT?

LRT terdiri dari empat gerbong dengan kapasitas jumlah penumpang sebanyak 600 orang. MRT terdiri dari enam gerbong dengan kapasitas jumlah orang sebanyak 1950 penumpang. Rangkaian gerbong berjalan diatas dua rel (sepasang), bisa melaju dengan kecepatan optimal 110 km/jam, diatas rel layang dan rel bawah tanah.

Bagaimana cara naik LRT?

  1. Masuk ke stasiun LRT terdekat.
  2. Beli tiket perjalanan di mesin atau loket penjualan.
  3. Tempelkan tiket perjalanan di gerbang tiket.
  4. Antre di belakang garis aman, jangan lupa berbaris dengan rapi serta mendahulukan penumpang yang turun.
  5. Selama di dalam kereta, perhatikan pengumuman stasiun pemberhentian berikutnya.
  6. Ketika tiba di stasiun tujuan, usahakan jangan tergesa-gesa, lalu tempelkan tiket perjalanan di pintu keluar.

Jadi setelah mengetahui LRT Jabodebek , simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!