Perkuat Komitmen Elektrifikasi, BMW Bangun Fasilitas Baterai di Leipzig
BMW iX dengan modul baterai BMW. (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - Dengan pesatnya pertumbuhan segmen kendaraan listrik secara global, BMW saat ini sedang mempersiapkan diri untuk merilis lebih banyak model elektrifikasi di masa depan.

Menurut laporan dari InsideEVs pada Jumat, 27 Agustus, BMW sedang mengambil langkah besar dalam memperluas strategi elektrifikasi mereka dengan menginvestasikan 108 juta dolar AS di negara asalnya dengan membangun fasilitas logistik baterai di pabrik manufaktur mereka di Leipzig.

Fasilitas ini tidak hanya akan digunakan untuk model elektrifikasi dari BMW, tetapi juga akan menjadi tempat perakitan Mini Countryman terbaru yang akan berfungsi sepenuhnya dengan tenaga listrik.

Petra Peterhansel, Direktur Pabrik BMW Leipzig, mengungkapkan bahwa pabrik di Leipzig telah selalu berada di garis depan dalam menghasilkan produk kendaraan listrik BMW sejak peluncuran i3 pertama kalinya.

"Kini, dengan pengembangan produksi komponen elektronik dan peluncuran Mini Countryman yang akan datang, masa depan sudah mulai terbentuk," kata Peterhansel.

Tidak hanya fokus pada kendaraan listrik, BMW juga memiliki komitmen untuk menerapkan prinsip keberlanjutan lingkungan dengan fasilitas logistik baterai yang akan dilengkapi dengan panel tenaga surya di atapnya, menghasilkan 3.000 kW, menanam lebih dari 5.700 semak dan pohon baru, serta secara signifikan mengurangi penggunaan alat yang menghasilkan emisi karbon.

Tahap pertama pembangunan fasilitas ini dijadwalkan selesai pada pertengahan tahun 2024. Fasilitas ini akan berperan sebagai pusat logistik baterai kendaraan listrik BMW, yang akan menyimpan komponen baterai tinggi voltase untuk model listrik lainnya.

Dengan selesainya pembangunan fasilitas ini, diharapkan akan menciptakan 500 lapangan kerja baru di wilayah Leipzig. Selain itu, BMW juga telah merinci strategi untuk kendaraan listrik di masa depan.

Pada tahun 2026, BMW berambisi agar sepertiga dari penjualan mereka adalah kendaraan listrik atau kendaraan listrik murni. Mereka juga berencana untuk merilis lebih banyak mobil murni listrik yang akan didasarkan pada konsep Neue Klasse di masa yang akan datang.

Neue Klasse adalah proyek ambisius yang sedang dikerjakan oleh BMW untuk menyambut era teknologi yang akan datang. Proyek ini bertujuan untuk memainkan peran penting dalam perkembangan teknologi yang diantisipasi dalam beberapa tahun ke depan.

Setelah konsep Neue Klasse siap untuk diproduksi, BMW berencana untuk meluncurkan enam model yang menggunakan dasar dari konsep ini dalam kurun waktu 24 bulan setelah produksi dimulai. Bahkan, mungkin merek Mini juga akan menggunakan dasar atau platform Neue Klasse pada paruh kedua dekade ini.

Pabrikan yang berbasis di Munich, Jerman ini berencana untuk memulai produksi Neue Klasse pertama berbasis listrik pada tahun 2025 di Debrecen, Hungaria, sementara pabrik Munich akan mengawali produksinya pada tahun 2026.