Argentina Juarai Copa America Setelah Penantian Sejak 1993 Karena Di Maria Sang Pahlawan di Partai Final Kontra Brasil
Lionel Messi dan kawan-kawan berhasil membawa Timnas Argentina menjuarai Copa America 2021. (Foto: Instagram @433)

Bagikan:

Makassar—Tim Nasional (Timnas) Argentina akhirnya menjuarai Copa America 2021. Penantian panjang hampir tiga dekade, setelah terakhir Albiceleste juara Copa America pada tahun 1993.

Lionel Messi dan kawan-kawan berhasil menundukkan musuh bebuyutan, Brasil dengan skor tipis 1-0, pada final yang berlangsung di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Minggu 11 Juli pagi WIB. Namun bukan La Pulga yang menjadi pahlawan, melainkan Angel Di Maria yang mampu mencetak gol semata wayang dan memastikan Argentina merebut gelar Cop America 2021.

Di Maria berhasil mencetak gol di menit ke-22 melalui lob cantik ke gawang Ederson memanfaatkan assist Rodrigo De Paul. Bintang PSG itu pun dinobatkan sebagai man of the match pada laga final tersebut.

Brasil sempat mencetak gol di menit ke-52 melalui Richarlison. Sayang, wasit menganulirnya karena striker Everton itu terlebih dahulu dalam posisi offside.

Penampilan gemilang kiper Aston Villa

Skor 1-0 untuk Argentina bertahan hingga laga usai, meski Brasil bertubi-tubi mengancam gawang Emiliano Martinez. Namun kiper Aston Villa itu tampil sangat baik dalam laga final maupun sepanjang gelaran Copa America tahun ini.

Hasil ini juga menjadi penantian panjang sang kapten, Lionel Messi. Ia akhirnya bisa tersenyum lepas, setelah berkali-kali gagal membawa negaranya menjuarai Copa America.

Bahkan Messi pernah memilih untuk pensiun setelah kalah dari Chile di final Copa America 2015, meski akhirnya ia kembali lagi dan berulang kali gagal bertahun-tahun kemudian. Gelar Copa America ini adalah yang ke-15 bagi Argentina.

Susunan pemain

Argentina: Emiliano Martinez; Gonzalo Montiel, Cristian Romero (German Pezzella, 79'), Nicolas Otamendi, Marcos Acuna; Angel Di Maria (Exequiel Palacios, 79'), Rodrigo De Paul, Leandro Paredes (Guido Rodriguez, 54'), Giovani Lo Celso (Nicolas Tagliafico, 63'); Lionel Messi, Lautaro Martinez (Nicolas Gonzalez, 79').

Brasil: Ederson; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Renan Lodi (Emerson, 76'); Casemiro, Fred (Roberto Firmino, 46'); Everton Ribeiro (Vinicius Junior, 63'), Lucas Paqueta (Gabriel Barbosa, 76'), Neymar; Richarlison.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!