Chelsea Hancurkan West Ham 5-0 dan Menguak Asa Masuk ke Eropa
Para pemain Chelsea setelah mengalahkan West Ham 5-0 (foto: x @ChelseaFC)

Bagikan:

JAKARTA - Chelsea menegaskan dominasinya di Stadion Stamford Bridge setelah mengalahkan West Ham 5-0 dalam pertandingan Liga Premier, Minggu, 5 Mei. Kemenangan ini mengangkat posisi Chelsea ke peringkat ketujuh dan menambah tekanan bagi pesaing mereka dalam perburuan tiket Eropa.

Dalam laga kedua London Derby mereka dalam seminggu, Cole Palmer mencetak gol pertama di menit ke-15, disusul oleh Noni Madueke, Connor Gallagher, dan Nicolas Jackson yang mencetak dua gol.

Gol pembuka Palmer, tembakan voli Gallagher, dan sundulan Madueke menjadikan Chelsea unggul 3-0 di babak pertama, sementara brace Jackson di babak kedua semakin menambah keunggulan mereka.

Kemenangan ini membawa Chelsea naik ke peringkat ketujuh, melampaui Manchester United - yang akan menghadapi Crystal Palace pada  Senin 6 Mei, sementara West Ham yang sedang tidak dalam performa terbaik tetap berada di peringkat kesembilan, dengan peluang mereka untuk lolos ke Eropa hampir hilang.

West Ham sempat mengancam lewat tendangan sudut langsung Jarrod Bowen yang membuat Djordje Petrovic kesulitan, tetapi Chelsea berhasil memimpin saat Palmer memanfaatkan umpan silang Jackson yang memantul dari bek mantan Chelsea, Kurt Zouma.

Bowen hampir mencetak gol untuk West Ham dengan sundulan yang mengenai mistar gawang, tetapi Chelsea menggandakan keunggulan di menit ke-30 melalui tendangan voli Gallagher setelah blok Zouma. Gol ketiga Chelsea datang enam menit kemudian melalui sundulan Madueke yang memanfaatkan umpan flick Thiago Silva.

Pada babak kedua, Chelsea menambah keunggulan mereka saat Madueke memberikan assist kepada Jackson untuk mencetak gol keempat.

Meskipun gol Jackson awalnya dianulir karena offside, namun VAR memutuskan untuk mengubah keputusan tersebut setelah tinjauan asisten wasit VAR, sehingga Chelsea mengakhiri pertandingan dengan kemenangan telak dan menempati posisi tertinggi mereka dalam klasemen Liga Premier musim ini.

Gol-gol mudah didapatkan di Stamford Bridge, dan Chelsea berhasil menunjukkan kekuatan serang mereka dengan skor 16 gol dalam empat pertandingan kandang terakhir. Palmer tampil brilian seperti biasa, mencetak atau memberikan assist dalam 14 pertandingan Liga Premier berbeda musim ini untuk Chelsea.

David Moyes gagal meraih kemenangan tandang melawan Chelsea, dengan ini menjadi kekalahan ke-12 dalam 19 percobaan Moyes di Stamford Bridge. Prestasi buruk ini menunjukkan akhir yang pahit bagi Moyes di West Ham, dengan masa kontraknya segera berakhir dan nama-nama seperti Ruben Amorim dan Julen Lopetegui telah dikaitkan dengan posisi manajer baru.