Piala AFC PSM Makassar Vs Hougang United: Waspada Kebangkitan Tim Lawan
Pelatih PSM Makassar, Bruno Tavares (kedua dari kanan). (Foto via Antara)

Bagikan:

GIANYAR - PSM Makassar akan menghadapi Hougang United, pada laga ketiga fase Grup H Piala AFC 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu, 25 Oktober. Laga ini akan berlangsung pukul 19.00 WIB.

Tim tuan rumah mengantisipasi ritme permainan yang cepat tim lawan dari Singapura. Semangat pantang menyerah juga kerap diperlihatkan Hougang hingga mampu membalikkan keadaan.

"Kami harus fokus karena tim ini bisa mengubah keadaan dengan cepat seperti saat pertandingan lalu di Piala AFC, mereka awalnya kalah 1-0 dan beberapa menit jelang berakhir, mereka bisa menang," kata Pelatih PSM, Bernardo Tavares.

Untuk itu, Juku Eja berupaya melakukan evaluasi melalui latihan terakhir untuk memantapkan taktik dan teknik. Tavares tak mau skuadnya lengah dan kebobolan gol menghadapi tim tamu dari Liga Utama Singapura itu.

Beberapa evaluasi menjadi catatan penting saat PSM Makassar terpaksa menelan pil pahit karena kalah dalam dua laga terakhir di fase grup H Piala AFC.

Saat bermain tandang melawan tim Vietnam, Hai Phong laga pertama fase grup H, PSM kalah 3-0 di Stadion Lach Tray, Vietnam.

Minimnya waktu latihan termasuk padatnya jadwal, lanjut dia, berpengaruh terhadap kekalahan timnya di Vietnam.

"Pertandingan pertama kami kurang persiapan, perjalanan yang kurang menyenangkan, banyak hal terjadi," ucapnya.

Sedangkan pada laga kedua fase grup H Piala AFC, PSM dipukul telak 5-0 oleh tim tamu dari Malaysia, Sabah FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Kabupaten Gianyar, pada Kamis, 5 Oktober.

Kekalahan itu, kata dia, juga dikontribusikan oleh kesalahan dari timnya sehingga kebobolan lima gol sekaligus di kandang.

"Jadi kami akan berikan hasil terbaik untuk hasil yang lebih bagus. Kami berharap besok membuat sejarah berbeda dibandingkan dua laga sebelumnya di Piala AFC," katanya.

Secara statistik pada klasemen sementara Grup H Piala AFC, Hougang United berada di atas angin yakni di posisi kedua dengan tiga poin.

Hougang sebelumnya mengalahkan wakil Vietnam, Hai Phong dengan skor 2-1 pada laga kedua di Stadion Jalan Besar Singapura.

Klub dari negeri singa itu terpaut tiga poin dengan Sabah FC, wakil asal Malaysia yang berada di posisi puncak klasemen sementara fase Grup H Piala AFC.

Sedangkan PSM Makassar berada di posisi terakhir dari empat klub dengan nol poin di grup H Piala AFC.