Asian Games 2023 Ditutup Hari Ini, Indonesia Dipastikan Gagal Penuhi Target Medali
Tim perahu naga Indoenesia berselebrasi setelah memasuki garis finis pada grand final 1000 meter putra Asian Games 2022 di Wenzhou Dragon Boat Centre, Wenzhou, China, Jumat (6/10/2023) (foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kontingen Indonesia dipastikan gagal memenuhi target medali di ajang Asian Games 2023, menyusul agenda multievent terbesar Asia yang rampung pada Minggu, 8 Oktober malam.

Asian Games 2023 resmi dibuka pada 23 September lalu, ratusan atlet Indonesia yang dikirim di sejumlah cabor diharapkan bisa membawa pulang sedikitnya 12 medali emas.

Namun hingga Minggu, 8 Oktober siang pukul 12.00 WIB, target tersebut tak bisa dipenuhi kontingen Merah Putih. Pasalnya di hari terakhir gelaran Asian Games 2023 sudah tidak ada lagi atlet Indonesia yang tampil.

Dengan situasi itu, kans Indonesia untuk menambah perolehan medali juga kandas. Sejumlah cabor yang diharap bisa memenuhi target medali emas, termasuk bulu tangkis nyatanya berbanding terbalik.

Cabor bulutangkis mulanya ditarget membidik tiga emas, tapi pada akhirnya tak ada satupun medali yang diraih. Kondisi kontingen saat ini juga jauh dari harapan Presiden Joko Widodo yang semula meminta kontingen masuk 10 besar.

Saat ini kontingen Indonesia masih terpaku di posisi ke-13 dan tidak mungkin naik lagi, karena sudah tak ada lagi peluang menambah emas. Untuk pencapaian medali, kontingen Indonesia mendapat 36 medali dengan rincian 7 emas, 11 perak dan 18 perunggu.

Di sisi lain, China selaku tuan rumah dipastikan keluar sebagai juara umum di Asian Games 2023 karena hampir berjaya di semua cabor yang diikuti. Tanpa ada persaingan berarti dalam perolehan medali, hingga Minggu siang China berjaya dengan torehan 383 medali.

Tambahan satu medali emas dari senam artistik siang ini membuat China kini mengoleksi 201 medali emas, 111 medali perak dan 71 medali perunggu.

Pesaing terdekat China saat ini adalah Jepang, namun jumlah medali terpaut sangat jauh. Negara Matahari Terbit ini mengumpulkan 186 medali dengan 51 emas, 66 perak dan 69 perunggu. Korea Selatan yang ada di posisi ketiga sebenarnya secara total lebih banyak dari Jepang, yakni 190 medali tetapi kalah di medali emas dengan rincian 42 emas, 59 perak dan 89 perunggu.

Foto: instagram.com/@ag2022official

Terkait