5 Gerakan Senam Jantung Sehat yang Mudah Dipraktikkan
Ilustrasi (Foto: Pixabay/Alterfines)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Gerakan senam jantung sehat ternyata sangat mudah dipraktikkan. Anda dapat melakukannya untuk memperkuat otot jantung, meningkatkan fungsi jantung, dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, pengaplikasian gerakan senam jantung sehat juga bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal, mencegah kerusakan pembuluh darah, menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan tekanan darah.

Lantas, apa saja gerakan senam jantung sehat yang bisa dipraktikkan di rumah? Simak informasi selengkapnya berikut ini

Gerakan Senam Jantung Sehat

Senam jantung sehat memiliki gerakan yang bervariasi dan terdiri dari berbagai rangkaian gerakan senam aerobik atau kardio dasar. Kecepatannya juga beragam, mulai dari intensitas ringan, sedang, hingga berat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa gerakan senam jantung sehat yang bisa Anda praktikkan di rumah:

1. Squat jump

Gerakan ini diawali dengan berdiri tegak kemudian berjongkok. Saat jongkok, usahakan bokong dalam posisi seperti akan duduk dan punggung lurus membentuk sudut 45 derajat. Kemudian, lompat dan mendaratlah dengan posisi jongkok seperti semula. Lakukan gerakan ini beberapa kali.

2. Mountain climbers

Mountain climbers termasuk ke dalam gerakan senam yang cukup intens. Apabila Anda baru mencoba gerakan ini, mulailah dengan perlahan dan tingkatkan kecepatan secara bertahap.

Cara melakukan gerakan mountain climbers, yakni:

  • Memosisikan tubuh seperti akan push-up.
  • Usahakan kedua siku dan punggung berada dalam posisi lurus.
  • Angkat lutut ke arah dada secara bergantian.

3. Burpees

Gerakan burpees adalah gerakan senam jantung sehat yang menggabungkan gerakan squat, melompat, dan push-up. Cara melakukannya, yaitu:

  • Berdiri tegak dengan posisi kaki terbuka selebar bahu.
  • Berikutnya, jongkok dan letakkan tangan di lantai, kemudian luruskan kaki ke belakang dan lakukan satu kali gerakan push-up.
  • Langkah selanjutnya, kembali ke posisi jongkok dan lompat untuk berdiri.

4. Jogging di tempat

Jogging di tempat merupakan gerakan untuk meningkatkann detak jantung. Gerakan senam jantung sehat yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai pemanasan sebelum memulai gerakan yang lebih berat.

Anda bisa jogging di tempat selama 30-60 detik. Untuk menghindari kebosanan, Anda bisa melakukan variasi gerakan dengan mengangkat lutut ke arah dada, menaikkan tumit ke arah bokong, atau memutar lengan.

5. Jumping jacks

Gerakan senam jantung sehat yang terakhir adalah jumping jacks. Gerakan ini cukup mudah dipraktikkan. Anda cukup melompat sambil membuka kaki kira-kira selebar bahu dan mengatupkan kedua tangan di atas kepala. Anda juga bisa melakukan variasi dengan memulai gerakan ini dari posisi setengah jongkok atau squat.

Tips Mendapatkan Hasil yang Optimal dari Gerakan Senam Jantung Sehat

Supaya Anda mendapatkan hasil yang optimal, lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Melakukan pemanasan selama 5-10 menit untuk menghindari risiko cedera.
  • Tutup senam jantung sehat dengan pendinginan kurang lebih 5–10 menit. Caranya dengan perlambat gerakan atau langkah secara bertahap – bukan berhenti (berdiri diam, duduk, berbaring) tiba-tiba.
  • Konsumsi air mineral sebelum, selama, dan setelah melakukan senam jantung sehat.
  • Lakukan senam jantung sehat minimal 30 menit, selama 5 kali dalam sepekan.
  •  
  • Lakukan gerakan senam jantung sehat secara bertahap, misalnya bila sudah terbiasa melakukannya selama beberapa waktu, Anda bisa sedikit demi sedikit meningkatkan durasi olahraga menjadi lebih lama atau lebih banyak

Demikian informasi tentang gerakan senam jantung sehat. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.