Profil Mendiang Pebulu Tangkis Belia Az-Zahra Putri Dania
Mendiang Az-Zahra Putri Dania. (Foto: Instagram/@dania_badminton)

Bagikan:

JAKARTA – Dunia bulu tangkis nasional berduka. Salah satu bakat yang jadi cikal bakal bintang masa depan Indonesia telah berpulang.

Az-Zahra Putri Dania diberitakan meninggal dunia pada Senin, 27 Februari, akibat sakit. Dia adalah pebulu tangkis muda berbakat milik Indonesia.

Berikut ini profil lengkap atlet asal Kabupaten Bogor tersebut.

Dania tercatat lahir pada 27 Juli 2004 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dan mulai menimbah ilmu bulu tangkis di klub Eng Hian Badminton Academy (EHBA).

Tahun lalu Dania masuk pusat pelatihan nasional (Pelatnas) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di Cipayung, Jakarta Timur.

Tiket masuk ke Pelatnas dia dapatkan setelah berhasil menjuarai ajang seleksi nasional (Seleknas) bersama rekannya Rafli Ramanda di kategori ganda campuran taruna.

Sederet prestasi pun langsung diukir setelah menempa dirinya Pelatnas. Dia tercatat mencapai final bersama Anisanaya Kamila pada ganda putri Adidas Alpes International U19 di Perancis pada April 2022.

Selain itu, Dania juga melangkah ke babak 16 besar turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2022 yang digelar Juni lalu dengan pasangan yang sama.

Dania juga menjadi bagian tim junior Indonesia yang meraih medali perunggu di Piala Suhandinata pada Oktober 2022 lalu yang berlangsung di Santander, Spanyol.

Dia kali pertama masuk ke peringkat BWF pada 23 Mei 2022 di urutan ke-691 dunia. Peringkat tertingginya adalah 161 pada 31 Januari 2023 lalu.

Meninggal Dunia di Usia 19 Tahun

Sayang, perjalanan kariernya yang mulai menanjak itu redup seketika pada Senin, 27 Februari 2023. PBSI dalam sebuah unggahan di Instagram mengumumkan kabar duka meninggalnya Dania.

"Keluarga besar PP PBSI mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya salah satu atlet muda Indonesia," demikian tulis keterangan PBSI di Instagram.

"Az-Zahra Putri Dania menghembuskan nafas terakhirnya hari ini, 27 Februari 2023 dikarenakan sakit," induk bulu tangkis nasional itu melanjutkan tanpa merinci penyebab kematiannya.

Selamat jalan, Dania.