Menpora Mulai Lakukan Pencarian Atlet Elit untuk Ajang Internasional di Sulsel
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (kiri), Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum ISORI Prof Syahrial Bakhtiar memberikan keterangan pers tentang posisi DBON di Makassar. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Melalui Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengawali program pencarian atlet elite untuk memperkuat Indonesia pada ajang internasional di Sulawesi Selatan.

Menpora Zainuddin Amali di Makassar, Minggu 07 November, menjelaskan DBON yang mulai disosialisasikan di masyarakat ini diharapkan membuat proses pembinaan menjadi lebih terpadu, terintegrasi mulai dari pusat hingga provinsi dan kabupaten/kota.

"Sulsel adalah yang pertama untuk sosialisasi Perpres 86 No 6 dan DBON 2021, dari 10 sentra pembinaan atlet dari ujung barat dan timur," katanya pada pembukaan sosialisasi DBON di Makassar.

Mengenai sejarah lahirnya BDON sendiri, Menpora Amali menjelaskan, saat peringatan Hari Olahraga Nasional ke-37 tahun 2020, Presiden Joko Widodo meminta untuk melakukan review total terhadap ekosistem keolahragaan di Tanah Air.

Manajemen yang patut dicurigai

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 260 juta orang, Presiden Jokowi menyampaikan, maka tidak masuk akal jika sulit untuk mendapatkan talenta, dan berprestasi secara maksimal.

Menurutnya pasti ada yang salah, entah itu manajemen atau hal lainnya.

Atas dasar itu, Menpora Amali langsung merespons dengan cepat permintaan dari Presiden Joko Widodo. Kemudian bersama stake holder olahraga, Menpora Amali berdiskusi dengan para akademisi, hingga guru besar olahraga untuk merumuskan hal tersebut.

Pelaksana Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan apresiasi atas terpilihnya Sulsel menjadi yang pertama dalam agenda sosialisasi pencarian atlet potensial.

"Kami sangat senang Sulsel masuk dalam salah satu sentra atlet dan daerah pertama sosialisasi. Ini sekaligus momentum untuk bersama bersinergi dan kami juga paham Kemenpora tidak bisa bergerak sendiri, kami siap menyukseskan agenda ini," ujarnya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!