X Japan Setop Upaya <i>Rebranding</i> Twitter di Jepang dengan Merilis Lagu Baru
X Japan (Instagram @xjapanofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Rebranding Twitter yang dilakukan Elon Musk baru-baru ini dihentikan di Jepang karena bentrok dengan nama merek dagang dari band rock, X Japan.

Bulan ini, pengguna media sosial dikejutkan setelah pemilik Twitter Elon Musk meluncurkan perubahan merek yang mengejutkan untuk platform tersebut.

Dia mengganti namanya menjadi X dan menghapus logo burung. Sekarang, situs tersebut hanya menggunakan X di Amerika Serikat, dan setiap lokasi yang memiliki laman Twitter khusus telah diperbarui menjadi 'X', diikuti dengan nama negaranya.

Namun, hal ini terbukti menjadi masalah di Jepang, karena nama merek tersebut telah menjadi merek dagang dari band J-rock terkenal, X Japan.

Dibentuk oleh Toshi dan Yoshiki pada 1982, X Japan telah merilis banyak album dan tetap menjadi salah satu band dengan penjualan tertinggi di Negeri Sakura.

Sekarang, X Japan menjaga Twitter (X) agar tidak melanggar nama mereka, dan juga merilis single baru pertama mereka dalam delapan tahun.

Lagu – berjudul Angel – adalah lagu baru pertama mereka sejak Born To Be Free (2015), dan ditulis oleh pemimpin band, komposer, drummer dan pianis Yoshiki. Menampilkan vokal yang dinyanyikan dalam bahasa Inggris, lagu berisi lirik emosional.

Berbicara tentang potensi konflik yang mungkin muncul dari perubahan citra Twitter baru-baru ini, Yoshiki juga mengatakan bahwa meskipun dia "menghormati" Musk, dia tidak ingin para penggemar bertengkar tentang topik tersebut, melainkan mencari solusi "positif".

“Pertama-tama, saya menghormati Elon Musk. Saya pikir dia sangat inovatif dan inspiratif. Saya menamai band ini 'X' beberapa dekade yang lalu di Jepang,” katanya kepada Consequence.

“Ini bukan tentang apa yang harus saya putuskan, tetapi apa yang harus diputuskan oleh penggemar. Pada saat yang sama, saya tidak berpikir ini adalah sesuatu yang harus diperdebatkan orang - mari kita buat sesuatu yang positif dari peristiwa ini."

Dia juga meyakinkan para penggemar yang khawatir di platform tersebut setelah berita tentang perubahan merek, dan menulis tweet dwibahasa yang memberi tahu mereka bahwa menurutnya nama band (X Japan) sudah bermerek dagang, dan oleh karena itu harus mencegah platform media sosial mengambil alih nama tersebut.

Namun, dia tidak menyebutkan apakah merek dagang tersebut juga terdaftar di luar Jepang atau tidak, dan masih belum jelas apakah hak cipta akan cukup untuk mencegah Twitter menyebut dirinya 'X' di dalam negeri.