Diprakarsai Kemenparekraf, Indonesia Unjuk Karya di Eksibisi Internasional NAMM Show California
Namm Show (Foto: namm.org)

Bagikan:

JAKARTA - Dua alumni program kewirausahaan Diplomat Success Challenge (DSC) mewakili Indonesia dalam eksibisi instrumen dan perangkat musik tahunan terbesar di dunia, National Association of Music Merchants 2023 California, Amerika Serikat (NAMM Show).

Kedua alumni DSC ini, yaitu Seruni Audio (produsen amplifikasi suara - khususnya mikrofon) dan Avara Custom Indonesia (produsen Custom in Ear Monitor) menampilkan produk-produk mereka pada 12-14 April 2023.

Keikutsertaan Indonesia pada eksibisi NAMM Show tersebut diprakarsai oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) untuk menunjukkan bahwa karya anak bangsa dapat bersaing dengan produk internasional.

Dalam eksibisi tersebut, Cretta Cucu Abdullah, founder dan CEO Seruni Audio, dan Alvon Yulius Harianto, founder dan CEO Avara Custom Indonesia, membawa semua line up produk andalan yang sudah sangat dikenal di kalangan musisi dan industri musik Tanah Air.

Produk mikrofon dari Seruni digunakan oleh musisi terkenal seperti Eross Candra (Sheila On 7), Dewa Budjana (GIGI)

Tampilnya Seruni Audio dan Avara Custom Indonesia di NAMM Show tahun ini didukung oleh Wismilak Foundation dan Diplomat Success Challenge sebagai ekosistem kewirausahaan yang sudah berjalan selama 14 tahun.

Produk mikrofon dari Seruni digunakan oleh musisi terkenal seperti Eross Candra (Sheila On 7), Dewa Budjana (GIGI) bahkan beberapa musisi dari luar negeri. Hal ini menurutnya menambah keyakinan pasar bahwa produk Indonesia dapat bersaing dengan produk-produk impor.

”Amerika adalah pasar audio paling legit saat ini. Bahkan Seruni sering sekali mengirim produknya ke Amerika, dan menjadi lebih pas ketika Seruni bisa unjuk karya di NAMM Show karena eksibisi ini diikuti pelaku industri alat musik seluruh dunia,” ujar Cucu dalam keterangannya.

Dalam ajang NAMM Show, Cucu juga membawa produk mikrofon edisi terbatas yang memanfaatkan akar kayu sonokeling sebagai bahan enclosure mikrofon. Produk dengan jenama MKS-14 ini dipastikan mampu menangkap semua nuansa dan dinamika suara dengan prima.

Custom earphone ini digunakan oleh para musisi seperti Slank, Iwan Fals, Armand Maulana, Noah (Foto: Istimewa)

Alvon (Avara Custom Indonesia) yang juga merupakan alumni DSC, juga sangat antusias produknya akan tampil di NAMM Show.

Perjalanan Alvon sejak 2017 membangun Avara Custom Indonesia telah membuahkan hasil dengan menjadi yang pertama dan satu-satunya produsen custom earphone khusus untuk musisi di panggung (on stage) di Indonesia.

Apalagi produk ini sudah banyak digunakan oleh para musisi seperti Slank, Iwan Fals, Armand Maulana, Noah dan masih banyak lagi.