Konsep BMW Vision Neue Klasse Mulai Produksi pada 2 September
BMW i Vision Dee. (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - BMW, produsen mobil ternama asal Jerman, telah mengumumkan bahwa konsep BMW Vision Neue Klasse hampir siap untuk memasuki tahap produksi yang dijadwalkan dimulai pada 2 September mendatang.

Pembukaan produksi ini secara bersamaan dengan ulang tahun ke-60 peluncuran Neue Klasse yang orisinal, sebuah inovasi yang mengubah panorama mobil dan menghadirkan tampilan yang revolusioner pada masanya.

Neue Klasse merupakan proyek ambisius yang tengah diupayakan oleh BMW dalam menyambut era teknologi mendatang. Proyek ini bertujuan untuk memainkan peran signifikan dalam evolusi teknologi yang diantisipasi dalam beberapa tahun mendatang.

Ketua Jajaran Manajemen BMW AG, Oliver Zipse, menjelaskan bahwa meluncurkan serangkaian produk dengan teknologi paling mutakhir akan membantu BMW meraih kesuksesan dan mempertahankan posisi inovatif mereka dalam beberapa dekade mendatang.

"Kembali, kami mengubah visi menjadi kenyataan: Saya berjanji kepada Anda bahwa BMW Vision Neue Klasse hampir siap memasuki tahap produksi dan akan segera diperkenalkan," ujar Zipse dalam pernyataannya di laman resmi BMW Group pada Kamis, 3 Agustus.

Setelah konsep Neue Klasse siap untuk diproduksi, BMW berencana untuk meluncurkan enam model yang menggunakan dasar dari konsep tersebut dalam kurun waktu 24 bulan setelah produksi dimulai. Bahkan, kemungkinan merek Mini juga akan mengadopsi dasar atau platform Neue Klasse pada paruh kedua dekade ini.

Pabrikan berpusat di Munich, Jerman, akan memulai produksi Neue Klasse pertama yang berbasis listrik (EV) pada tahun 2025 di Debrecen, Hungaria. Sementara itu, pabrik Munich akan memulai produksinya pada tahun 2026.

Langkah ini akan diikuti oleh pabrik di Shenyang, China, yang dijadwalkan mulai berproduksi pada tahun 2026. Selain itu, BMW juga mengalokasikan investasi senilai 500 juta euro untuk memperluas kapasitas produksi di pabrik San Luis Potosi, Meksiko. Diharapkan pabrik ini dapat memulai produksi Neue Klasse dan paket baterai pada tahun 2027.

Rencananya, konsep BMW i Vision Dee yang baru-baru ini diperkenalkan akan menjadi salah satu model dari jajaran Neue Klasse. Mobil ini menampilkan desain minimalis dan futuristik, dengan dua grille khas BMW yang menghiasi bagian depan.

Tidak hanya pada bagian eksteriornya, konsep i Vision Dee juga mempersembahkan tampilan interior minimalis dengan pengaturan yang efisien. Tambahan pula, proyeksi informasi head-up akan tersedia di seluruh lebar kaca depan.

Model-model Neue Klasse akan menggunakan teknologi baterai mutakhir BMW Gen 6 yang mampu meningkatkan jangkauan hingga 30 persen, mengurangi biaya produksi hingga 50 persen, serta mengurangi emisi karbon sebesar 60 persen dibandingkan dengan teknologi saat ini.