Bon Jovi Luncurkan Lagu Tunggal <i>Do What You Can</i>
Formasi tur Bon Jovi (Twitter @bonjovi)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah dipaksa untuk membatalkan tur dunianya dan menunda album yang sangat dinanti, band Rock And Roll Hall Of Fame, Bon Jovi mengumumkan akan melepas album penuh bertajuk 2020 pada 2 Oktober mendatang via Island Records. Band ini juga baru merilis lagu tunggal (single) baru bertajuk Do What You Can pada Rabu kemarin.

Awalnya ditetapkan untuk hadir pada 15 Mei, 2020 adalah album lengkap dengan kedalaman penulisan lagu. Judulnya pun berkaitan dengan banyak peristiwa yang terjadi pada tahun ini.

Bersama dengan seluruh rakyat Amerika, Jon Bon Jovi mendapati dirinya secara tak terduga mengalami pandemi COVID-19 yang mengubah dunia, diikuti dengan cepat oleh peristiwa kematian George Floyd dan gerakan nasional untuk persamaan ras. Dan yang tak kalah penting, tahun pilpres Amerika Serikat. 

Jon menyadari, ada lebih banyak lagi yang bisa dikatakan tentang tahun 2020. Menulis dari sebuah studio rumah, dua lagu baru lahir: American Reckoning dan Do What You Can. Keduanya meliputi peristiwa-peristiwa di atas dan menjadikan album ini sebuah karya yang lengkap.

"Saya saksi sejarah," kata Jon Bon Jovi. "Saya percaya hadiah terbesar dari seorang seniman adalah kemampuan untuk menggunakan suara mereka untuk berbicara dengan masalah yang menggerakkan kita."

Terkenal karena upaya filantropisnya, Jon menghabiskan hari dan pekan pertama karantinanya dengan membantu memberi makan orang-orang yang membutuhkan di JBJ Soul Kitchen Community Restaurant di Red Bank, New Jersey. Menyebut dirinya "pencuci piring hall-of-fame" di restoran, Jon diabadikan oleh istrinya Dorothea dalam sebuah foto, yang kemudian diposting ke media sosial dengan tulisan "If You Can't Do What You Do… Do What You Can."  

Pikiran sang penulis lagu segera beraksi dan lagu lengkap dibuat pada hari berikutnya. Dalam semangat kebersamaan yang mewujudkan hari-hari awal karantina, alih-alih merilis lagu yang lengkap, Jon meminta penggemar untuk "menulis bagian verse mereka" dan menceritakan kisah mereka. 

Jon menyanyikan bait pertama dan paduan suara dan terus menerima ribuan verse yang diciptakan oleh penggemar, baik yang memilukan maupun yang mengharukan, dalam banjir tanggapan di acara-acara sosial band dengan tagar #DoWhatYouCan.

Versi terakhir Do What You Can, yang ditulis oleh Jon Bon Jovi dimainkan dalm format akustik untuk pertama kalinya di acara charity spesial Jersey4Jersey. Acara ini berhasil mengumpulkan 6 juta dolar AS yang digunakan untuk membantu negara bagian yang terpukul keras selama pandemi. Pada pekan-pekan berikutnya, seluruh personel Bon Jovi mampu merekam lagu lain di studio dan menambahkannya ke album yang akan datang.

Berikut daftar lagu yang bersemayam dalam album 2020:

01. Limitless (Jon Bon Jovi, Billy Falcon, John Shanks)

02. Do What You Can (Jon Bon Jovi)

03. American Reckoning (Jon Bon Jovi)

04. Beautiful Drug (Jon Bon Jovi, Billy Falcon, John Shanks)

05. Story Of Love (Jon Bon Jovi)

06. Let It Rain (Jon Bon Jovi)

07. Lower The Flag (Jon Bon Jovi)

08. Blood In The Water (Jon Bon Jovi)

09. Brothers In Arms (Jon Bon Jovi)

10. Unbroken (Jon Bon Jovi)