Viral, Video Ki Seno Nugroho Tindak Tegas Pelaku Pelecehan Seksual
Ilustrasi Pelecehan Seksual (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pelecehan bisa dilakukan melalui berbagai cara, ada fisik, verbal, bahkan virtual. Saat warganet memberikan kritik atas munculnya Saipul Jamil kembali di televisi, video Ki Seno Nugroho menangani pelecehan seksual jadi viral.

Dalam video yang beredar itu, Almarhum Ki Seno emosi saat melihat seorang sindennya dilecehkan oleh penonton. Awalnya, Ki Seno menikmati panggungnya dengan bercanda bersama dengan pemain karawitan dan sinden.

Saat hendak kembali mendalang, Ki Seno mendalang dan tampak marah dengan seorang penonton. Ia marah karena seorang penonton tersebut melecehkan sindennya.

Awalnya penonton masih tertawa, namun ketika Ki Seno terus memarahi penonton tersebut dengan bahasa Jawa, semua hadirin diam.

"Oh mulutmu. Sopan sedikit mas. Bicara boleh tapi sopan sedikit. Nggak manusia banget? Sinden itu kamu anggap habis dari Sarkem," marah Ki Seno.

Kemudian, Ki Seno mengingatkan penontonnya untuk berbicara sopan dan menyatakan bahwa sindennya adalah sosok sineman yang telah bekerja keras.

"Boleh berteriak mas. Tapi harus menghargai. Ini sinden adalah seorang seniman. Sini kamu, kalau ngomong asal ku jejali mulutmu" semprot Ki Seno.

Video itu kembali menjadi perhatian warganet saat diunggah di TikTok oleh akun @anindya503. "Hebat, ternyata almarhum tegas!" tulis warganet di kolom komentar

"Dalang yang baik hati, bahagia selalu, diberkati kesehatan umur panjang dan Tuhan lindungi selalu. Amin," doa warganet.

Ki Seno Nugroho, dalang kenamaan dari Jogja ini sangat dikenal oleh kaum milenial yang suka budaya tradisional. Bahkan untuk milenial yang tak paham bahasa Jawa, Ki Seno Nugroho berhasil membuat mereka jatuh cinta pada wayang.

Seno Nugroho adalah dalang muda asal Yogyakarta yang dikenal sebagai salah satu dalang modern yang menyesuaikan gaya pedalangannya dengan penonton masa kini. Dalang kelahiran 23 Agustus 1972 itu merupakan keturunan dalang kenamaan gaya Yogyakarta (alm) Ki Suparman Cermowiyoto.

Namun, dalam pementasan wayang, Ki Dalang Seno Nugroho memadukan gaya Yogyakarta dengan gaya Solo. Ki Seno Nugroho meninggal dunia pada 3 November 2020.

Terkait