Tentang Musik Haram, Desta: Nggak Dong Musik Bisa Menolong dan Menyembuhkan
Desta (Foot: IG @desta80s)

Bagikan:

JAKARTA - Pernyataan Uki eks NOAH tentang hukum mendengarkan musik adalah haram membuat gejolak di masyarakat. Banyak yang menyatakan tak sependapat dengannya. Terbaru, Desta juga tak sepakat dengan Uki.

Saat berbincang dengan Deddy Corbuzier, Desta diminta pendapatnya tentang musik. Awalnya, Deddy menanyakan mengapa Desta berhenti bermain musik.

"Gue kan keluar dari Clubeighties. Musik adalah hobi gue udah," kata Desta, di kanal YouTube, Kamis, 2 Sepetember.

"Bukan karena musik haram?" tanya Deddy Corbuzier lagi.

"Wow, enggak dong. Mau bahas itu? Menurut gua taruhlah. Agama apa, dia pemahamannya masing-masing beda, gurunya pun pemahamannya beda-beda, iya dong?" kata Desta.

"Karena kan nggak ada yang mutlak bener sebetulnya, gatau sih, kalo gue bilang guru gue paling bener," lanjut dia.

Desta memiliki pemahaman berbeda karena musik justru bisa menolong orang lain. "Kalau dari gue sih selama musik tidak membuatmu melakukan hal yang buruk. Kalo dari pandangan gue musik banyak menolong orang," ujarnya.

Desta menambahkan banyak teman-temannya yang terbukti terbantu oleh musik. Bahkan gagal melakukan percobaan bunuh diri karena musik.

"Temen-temen gue banyak yang depresi, banyak yang sampe mau bunuh diri pun banyak, dan mereka tertolong karena musik. Bahkana da terapi tidur. Itu kan positif. Tergantung bagaimana lu menggunakannya," kata dia.

Desta percaya, baik buruk penilaian terhadap musik tergantung kepada orang yang menggunakannya. Jika musik digunakan untuk mabuk, maka sudah jelas salah, kata dia. Jika lirik dalam musik mengandung unsur provokasi, bisa juga buruk.

"Kalo selama itu positif buat lu, ya gue rasa sih, masa, gini deh gue berpikir Tuhan itu baik. Kalo Tuhan udah di hati lu, lu ngelakuin apa aja karena Tuhan," ujar Desta.