Kesaksian 3 Artis Indonesia tentang Efektivitas Vaksin Saat Terpapar COVID-19
Chico Hakim dan Citra Soeroso (Instagram/ chicohakim)

Bagikan:

JAKARTA - Masih banyak masyarakat yang enggan mendapat vaksin COVID-19. Banyaknya kabar bohong yang beredar di sosial media menjadi salah satu penyebabnya. Benarkah vaksin COVID-19 efektif dan aman?

Jika penasaran, cobalah menilik pengalaman tiga artis Indonesia yang pernah terpapar COVID-19 usai vaksin. Ternyata dampaknya sangat signifikan. Ini cerita detailnya.

1. Indro Warkop

Melalui Instagram, Indro mengumumkan dirinya terpapr COVID-19. "Mau mengabarkan melalui hasil PCR saya tanggal 22 Juni 2021, saya positive COVID-19. Rasanya nggak ketemu selain orang rumah dalam seminggu ini, mungkin imun sedang drop," tulisnya di akun @indrowarkop_asli yang sudah terverifikasi, Rabu, 23 Juni. 

Meskipun lansia, Indro bisa melakukan isolasi mandiri di rumah karena sudah divaksin dan tidak ada gejala berat.

"Semoga vaksin bekerja membantu pemulihan dan saat ini saya isoman di kamat terpisah di rumah dengan pantauan dokter secara berkala," tulisnya.  Indro bahkan pulih dalam waktu cepat, namun tetap melanjutkan isolasi mandiri sampai 14 hari untuk keamanan keluarga. 

2. Afgan

Afgan mengumumkan dirinya terpapar COVID-19. Meskipun Afgan tak merasakan gejala, dia tetap melakukan isolasi mandiri.  "Jadi rupanya saya terinfeksi Covid-19 dan ini adalah hari keempatku," tulis Afgan dalam bahsa Inggrisdi Instagram, dikutip Senin, 12 Juli.  

ternyata Afgan tak terpengaruh dengan adanya virus COVID-19 di tubuhnya. Menurutnya hal itu bisa terjadi karena dirinya sudah menjalani vaksinasi. 

Afgan pun menyarankan agar pengikutnya di Instagram untuk juga melakukan vaksin COVID-19 agar tidak mendapatkan dampak yang parah saat terpapar.

"Mungkin karena saya sudah divaksinasi, jadi semuanya, tolong dapatkan vaksin Anda, karena bahkan jika Anda tertular virus itu tidak akan seburuk itu," sarannya. 

3. Chico Hakim

Kesaksian Chico Hakim akan efektivitas vaksin COVID-19 viral usai Istri Chico Hakim, Citra Soeroso meninggal dunia akibat virus Covid-19. Sang istri tutup usia tak lama setelah melahirkan anak keduanya.

"Masih byk org menolak divaksinasi. Pengalaman pribadi kemarin, diantara keluarga kami yg terkena covid, yg sdh divaksinasi bergejala ringan," tulis mantan suami Wanda Hamidah di Twitter, Senin, 19 Juli. 

Menurut pengalamannya, orang-orang yang belum divaksin justru akan mengalami dampak buruk apabila terinfeksi Covid-19.

"Yg belum, kebanyakan bergejala berat bahkan meninggal dunia (istri saya). Percayalah, kalian ngga ingin merasakan yg saya sedang rasakan," imbuhnya. 

Pengalaman pahit yang dialami terkait Covid-19 membuat Chico Hakim bingung, mengapa masih ada pihak-pihak yang menolak vaksinasi. Padahal menurutnya, vaksin memberi pengaruh yang sangat baik.