Mengenal 12 Jenis Batu Kelahiran yang Cantik dan Penuh Makna
Ilustrasi (Alleksana/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah mengenal istilah birthstones? Jadi ini adalah batu permata yang merepresentasikan bulan kelahiran seseorang. Bisa juga jadi panduan untuk memilih jenis batu saat Anda ingin membeli perhiasan seperti cincin, kalung, atau anting. Tidak cuma beda jenis dan warna, batu-batuan ini dipercaya punya makna tersendiri lho. Percaya tak percaya, tapi Anda boleh cek dulu batu apa yang sesuai dengan bulan lahirmu. 

Januari -  Garnet

Garnet adalah batu permata berwarna merah tua, mirip seperti biji delima. Jenis batu ini diyakini merepresentasikan kepercayaan dan persahabatan. 

Februari - Amethyst

Biasa juga disebut dengan batu kecubung, amethyst punya warna ungu yang cantik. Batu ini melambangkan kebangsawanan, kepercayaan, intuisi, dan spiritualitas tinggi.

Maret - Bloodstone

Zaman dulu, batu ini biasa dibawa prajurit saat perang karena konon mampu menghentikan perdarahan hanya dengan disentuh. Selain itu, bloodstone juga diyakini bisa meningkatkan kekuatan seseorang dan membantu kecemasan. 

April - Diamond

Orang-orang Yunani dan Romawi kuno percaya kalau berlian ini adalah air mata para Dewa dan merupakan pecahan bintang yang jatuh ke bumi. Diamond melambangkan kebijakan, kemurahan hati, dan bisa menenangkan. 

Mei - Emerald

Emerald yang berwarna hijau elegan ini dianggap sebagai simbol cinta dan awet muda. Pemilik batu ini diyakini bisa meningkatkan kecerdasan dan daya ingatnya. 

Juni - Pearl 

Pearl alias mutiara ini umumnya berwarna krem atau putih. Sangat cantik kalau udah dirangkai jadi perhiasan dan tampak mewah serta anggun saat dipakai. Mutiara sendiri merupakan lambang kemurnian, kesetiaan, dan kekayaan.

Juli - Ruby

Menurut legenda, pemilik batu ruby ini akan selalu dilimpahi dengan kekayaan, kesuksesan, kesehatan, serta kebijaksanaan. Pemiliknya pun akan selalu diberkahi dengan keberuntungan dan bisa hidup damai. 

Agustus - Peridot

Batu ini dipercaya bisa memberikan pesona pada pemiiknya dan mengusir roh jahat. Zaman dulu, batu ini biasa dijadikan jimat agar terbebas dari gangguan kekuatan jahat pada malam hari. 

September - Sapphire

Selama ribuan tahun, sapphire telah jadi batu paling terkenal dan berharga. Batu yang umumnya berwarna biru ini melambangkan kebenaran, ketulusan, dan kesetiaan. 

Oktober - Opal

Orang Yunani kuno percaya kalau batu opal bisa bikin pemakainya mampu melihat masa depan lho! Namun, batu ini juga jadi simbol harapan, kemurnian, dan melindungi pemiliknya dari penyakit. 

Nopember - Topaz

Jenis birthstones topaz ini dipercaya bisa meningkatkan kekuatan dan kecerdasan, hingga mengusir kesedihan. Bahkan zaman dulu biasa dipakai untuk mengobati asma, insomnia, dan luka bakar. 

Desember - Turquoise

Batu berwarna biru-hijau ini dipercaya bisa melindungi pemakainya dari luka dan memberikan kekuatan. Suku Apache di Amerika percaya bahwa batu ini bisa membantu para pejuang dan pemburu membidik sasaran dengan tepat.