Dalam Waktu Sehari, Berapa Kali Kita Perlu Mencuci Muka?
Ilustrasi mencuci wajah (Pexels/Leah Kelley)

Bagikan:

Makassar—Kulit memproduksi pelembap alami, jika terlalu sering mencuci wajah akan membuatnya kering. Artinya, mencuci wajah perlu disesuaikan. Tak perlu terlalu sering, namun ketahui kondisi dan tipe kulit wajah.

Lalu, berapa kali perlu mencuci wajah? Berikut penjelasannya.

Tipe kulit berminyak

Kulit yang produksi sebum cukup tinggi atau disebut dengan kulit berminyak cucilah dua kali sehari. Cuci muka bisa dilakukan saat pagi hari dan malam hari.

Saat tidur kulit wajah juga memproduksi minyak sebagai pelembap alami. Supaya tidak menumpuk dan terlihat segar maka cuci wajah setelah bangun tidur. Sedangkan saat malam hari setelah beraktivitas, debu dan kotoran yang menempel pada wajah. Agar tak muncul masalah kulit, jerawat misalnya, maka cucilah muka sebelum tidur.

Di samping mencuci wajah, lakukan perawatan seperti mengenakan masker sesuai tipe kulit dan eksfoliasi dua kali dalam satu minggu.

Tipe kulit sensitif dan kering

Karena sensitif, terlalu banyak memakai sabun wajah tidak akan membuatnya lebih flawless. Justru terlalu sering mencuci wajah dapat membuat kulit iritasi. Untuk tipe kulit sensitif, cukup sekali mencuci wajah dalam sehari.

Sedangkan untuk tipe kulit kering, dapat membasuh wajah mengenakan sabun juga dua kali sehari saja. Terlalu sering bagi yang memiliki tipe kulit kering dapat memperburuk produksi pelembap alami. Artinya, dapat mengikuti pola aktivitas, sebelum dan sesudah beraktivitas di luar rumah dapat mencucinya hingga bersih.

Setelah mencuci wajah keringkan dengan handuk lembut. Saat mengeringkan, tepuk-tepuk saja. Hindari menggosoknya karena memperburuk permukaan kulit.

Cuci muka setelah pakai makeup

Apapun tipe kulit, setelah mamakai makeup cucilah muka. Sisa makeup yang menempel pada kulit mesti dibersihkan, pertama memakai makeup remover. Kemudian dapat membasuhnya dengan air suhu ruangan dan menggunakan sabun wajah. Bilas hingga bersih dan keringkan dengan handuk.

Setelah olahraga

Sama seperti setelah memakai makeup, membersihkan wajah setelah olahraga perlu dilakukan bagi berbagai tipe kulit wajah. Keringat yang keluar dan debu atau kotoran lainnya, jangan sampai menyumbat pori-pori kulit sehingga rentan tumbuh jerawat.

Ingat, mencuci wajah setelah olahraga tunggu hingga keringat mengering. Setelah itu keringkan dengan handuk bersih.

Yang perlu dihindari, cuci muka setelah terpapar matahari. Jika melakukannya, pigmen kulit tidak rata dan terlihat bersisik. Jadi, tunggu sampai suhu normal baru cucilah wajah.

Agar kulit tetap sehat dan bercahaya, pakailah beberapa macam produk skincare sesuai tipe kulit. Dan, tetaplah mengonsumsi makanan bernutrisi yang bisa menyehatkan kulit dari dalam.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!