Tak Selalu baik, Ini Efek Buruk yang Terjadi Jika Terlalu Banyak Konsumsi Wortel
Ilustrasi Wortel (Jonathan Pielmayer/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Wortel adalah salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi seperti vitamin A dan beta karoten serta sudah terbukti banyak manfaatnya, termasuk meningkatkan fungsi penglihatan. Meski memiliki manfaat baik, namun jangan pernah mengonsumsi wortel secara berlebihan, ya. Pasalnya, jika dikonsumsi secara berlebih wortel justru bisa membahayakan kesehatan Anda.

Dilansir dari Medical News Today, Rabu, 19 Mei, berikut dampak efek buruk yang terjadi jika Anda mengonsumsi wortel berlebihan.

Sembelit

Selain memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan mata, wortel juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan memperlancar buang air besar. Namun, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi wortel, justru gangguan pencernaan dapat terganggu sehingga Anda mengalami konstipasi.

Kulit kuning

Konsumsi wortel terlalu banyak bisa menyebabkan kulit berubah menjadi warna kuning. Hal tersebut bisa terjadi karena wortel memiliki kandungan beta karoten. Nah, apabila kandungan beta karoten terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, maka akan membuat warna kulit menjadi kekuningan. 

Keracunan vitamin A

Kandungan vitamin A yang membuat wortel dapat membantu menjaga kesehatan penglihatan. Manfaat ini bisa Anda rasakan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Jika dikonsumsi berlebihan, vitamin A justru bisa membuat Anda keracunan. Jadi, jika ingin mendapat manfaat dari wortel maka konsumsilah secara wajar saja.