Badan sering Pegal saat Hamil Muda? Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi (Pavel Danilyuk/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu masalah yang sering dialami para ibu hamil adalah badan terasa pegal. Penyebabnya bisa terjadi karena perubahan hormon, pertumbuhan janin, berat badan bertambah, perubahan postur, stres, ketegangan otot, dan jarang olahraga. Meski cukup umum terjadi, pegal-pegal ini cukup mengganggu karena bikin nyeri dan rasanya kurang nyaman. 

Ketika ibu mengalami pegal-pegal saat hamil muda, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

Jangan bungkuk 

Agar rasa pegal berkurang, Anda perlu memperbaiki postur tubuh.  Sebisa mungkin, usahakan untuk duduk tegap dan tidak bungkuk. Lakukan kebiasaan baik ini untuk mengurangi pegal di area punggung. Jika sedang duduk cukup lama, misalnya saat bekerja depan komputer, nonton, baca buku, atau bersantai, sebaiknya ganti posisi secara berkala supaya tidak kaku. 

Peregangan

Jangan lupa untuk selalu melakukan peregangan agar tidak ada otot-otot yang tegang dan berisiko kram. Anda bisa stretching mulai dari ujung kaki sampai kepala dan lakukan kapanpun saat tubuh terasa mulai pegal-pegal. Bagaimana cara melakukan gerakan peregangan yang aman saat hamil muda? Anda bisa mulai dari memutar-mutar kepala ke depan-belakang-kanan-kiri berulang dalam kondisi rileks. Kemudian miringkan kepala ke arah pundak agar leher pun tidak kaku. Goyangkan bahu ke depan-belakang, kemudian lanjut ke tangan dan kaki. 

Mengatur posisi tidur

Nah, posisi tidur juga sedikit banyak menentukan apakah tubuh akan pegal-pegal waktu bangun. Biasanya ibu hamil agak susah tidur karena tidak menemukan posisi yang nyaman. Akibatnya, waktu bangun badan terasa nyeri tak tertahankan. Untuk mencegahnya, bisa coba memberi bantal penyangga di area perut, punggung, dan kaki. Sesuaikan saja penyangga dengan posisi tidur ternyaman ibu. 

Mandi air hangat

Seperti yang telah diketahui sejak lama jika mandi air hangat itu memang bikin rileks. Saat lagi pusing, lelah, dan pegal, bisa mandi dengan air hangat rasanya langsung tenang dan nyaman. Nah, masalah pegal-pegal pada ibu hamil pun bisa coba dikurangi dengan cara ini. Tapi ingat untuk memastikan suhu airnya hangat saja ya, jangan sampai panas! 

Pijat

Supaya lebih rileks, meredakan nyeri sendi, sekaligus melancarkan peredaran darah, Anda bisa rutin menjadwalkan pijat khusus hamil. Untuk lebih lanjutnya, bisa dikonsultasikan dengan dokter kandungan agar bisa pijat dengan aman dan memberikan manfaat untuk tubuh.