5 Tips Menyimpan Daging agar Tahan Lama
Ilustrasi (Nicolas Postiglioni/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Punya banyak stok daging di rumah? Anda mungkin tidak akan langsung masak semua dan memilih menyimpannya. Jika disimpan dengan benar, sebenarnya daging mentah cukup tahan lama. Anda jadi tidak harus buru-buru menghabiskannya dalam waktu dekat. 

Untuk daging merah seperti kambing dan sapi, jika disimpan di freezer bisa tahan 4-12 bulan. Kalau di luar freezer, hanya tahan lima hari saja. Tapi Anda harus tahu dulu tips menyimpan daging agar lebih tahan lama dan kualitasnya tetap bagus. 

Potong jadi bagian kecil 

Pertama, Anda harus memperkirakan dulu stok daging kira-kira akan diolah seperti apa dan kapan. Anda bisa memisahkan daging per porsi atau kira-kira per sekali makan sekeluarga. Jadi, Anda bisa memotong daging jadi bagian lebih kecil dan pisahkan di beberapa wadah berbeda. 

Kalau Anda membekukan semua daging, lalu dicairkan dan hanya dipakai sedikit, sisanya kembali dibekukan, ini bisa membuat bakteri berkembang dan daging jadi rusak. Makanya, penting untuk membagi daging ke wadah-wadah terpisah. Jadi kalau mau masak, tinggal ambil satu, cairkan dari freezer, lalu olah semuanya. Sementara itu, daging di wadah lain tetap aman di dalam freezer. 

Wadah kedap udara 

Ketika Anda menyimpan daging, pastikan memilih wadah yang kedap udara. Semakin rapat wadahnya, semakin bagus untuk menjaga kualitas daging. Anda juga bisa memanfaatkan plastik vakum ramah lingkungan. 

Daging tidak perlu dicuci

Sebelum dipotong dan dimasukan ke wadah, apakah daging perlu dicuci? Sebenarnya tidak perlu. Ketika Anda mencuci daging, bakterinya bisa menyebar ke tempat pencucian daging dan malah bisa terkontaminasi dari air. Daging yang dicuci juga biasanya menyerap banyak air sehingga bisa menurunkan kualitasnya. 

Beri stiker tanggal

Di setiap wadah penyimpanan daging, jangan lupa berikan tanggal saat Anda membeli atau mendapatkannya. Catatan ini akan jadi pengingat untuk memilih daging mana yang harus dimasak terlebih dahulu agar tidak rusak. 

Temperatur kulkas

Untuk menyimpan daging, atur suhu kulkas Anda lebih dingin dan suhu freezer di bawah -18 derajat celcius. Suhu ini akan membuat daging lebih tahan lama dan terjaga kualitasnya. Pastikan Anda tidak sering buka-tutup kulkas dan tidak membekukan kembali daging yang sudah dikeluarkan dari freezer.