Cara Mudah Bersedekah di Bulan Ramadan 2021
Ilustrasi Ramadan 2021 (Foto oleh chiplanay dari Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Di bulan Ramadan 2021, umat Islan dianjurkan untuk memperbanyak sedekah. Ini dengan sejalan dengan tujuan puasa, yaitu menebalkan rasa empati kita. Selain itu pahala sedekah di bulan puasa juga dijanjikan akan dilipatgandakan.

“Hai anak Adam, berinfaklah untukku, maka Aku akan berinfak untukmu.” Demikian sebuah hadis menjelaskan keutaaman dari sedekah.

Allah menjanjikan bahwa sedekah tidak akan membuat miskin, bahkan justru semakin kaya. Karena itu, banyak-banyaklah bersedekah baik di waktu lapang ataupun di waktu sempit.

Sedekah yang paling utama di bulan Ramadan adalah memberi makan dan minum orang lain. Karena pahala yang paling besar adalah membuka puasakan orang lain. Namun, karena pandemi COVID-19, kegiatan puasa dan sakur bersama dilarang dilakukan pemerintah. 

Tapi jangan jadikan pembatasan sebagai halangan. Kita masih bisa berbagi dengan memanfaatkan platfom yang menjembatani usaha kecil menengah dengan anak yatim. Pesan menu makanan pembatal puasa dari rumah, lalu kirimkan pada panti yatim dan dhuafa. Dengan begini selain membantu membatalkan puasa, kamu juga atif membantu UKM untuk berkembang. 

Kamu juga bisa berbagi ilmu jika merasa tak cukup kemampuan untuk mempersiapkan makanan. Berbagi ilmu adalah salah satu sedekah yang dapat kamu lakukan di bulan apa saja tak terkecuali di bulan ramadan. Di rumah kamu bisa saling mengkoreksi baca Alquran dengan anggota keluarga yang lain. 

Ada pula cara mudah yang disiapkan aplikasi SnackVideo bersama LSM SmileTrain yang mengadakan program donasi #SenyummuSedekahmu. Program ini berlangsung sejak 12 April hingga 14 Mei 2021. Pengguna cukup membagikan video mereka dengan hashtag #SenyummuSedekahmu, dengan begitu mereka telah berdonasi sebesar Rp 1,000 bagi teman-teman yang membutuhkan. 

Dana yang terkumpul akan diberikan untuk biaya operasi bagi teman-teman bibir sumbing. "Smile Train Indonesia menyambut baik kemitraan dengan SnackVideo melalui program #SenyummuSedekahmu di bulan Ramadan 2021 ini. Kami mengajak para pengguna SnackVideo untuk ikut berpartisipasi dalam upaya membantu secara nyata agar anak anak penderita bibir sumbing dapat tersenyum." ujar Deasy Larasati, Country Manager, Smile Train Indonesia.