Apa Itu Tisane? Kenali Bedanya dengan Teh
Ilustrasi menyeduh tisane (Unsplash/Foodism360)

Bagikan:

JAKARTA - Tisane adalah minuman yang tidak terbuat dari tanaman teh, Camellia Sinensis. Jangan sampai keliru juga bahwa ternyata chamomile, jasmine, rosella dan lavender yang diseduh tidak termasuk teh. Sebut saja sebagai tisane.

Jenis tisane pun sangat beragam, manfaatnya juga akan berbeda-beda. Yang paling banyak dicari adalah tisane yang membuat rileks, mengurangi insomnia dan menenangkan. Mau tahu macam-macam teh bunga yang bisa dinikmati di rumah?

Sebelum cek daftar jenis tisane di bawah, perlu juga mengenali sebutan lain dari minuman seduh ini. Di beberapa negara, tisane juga dikenal dengan infusion tea. Pernah kenal dengan brand Twining atau Lipton?

Produk the tersebut mengandung peppermint dan tanaman herbal lainnya disebut infusion karena disajikan dengan cara diseduh. Karena dari tumbuhan, di Indonesia sering disebut dengan teh herbal. Menarik ‘kan dengan berbagai penyebutan tersebut?

Selanjutnya, yuk cek berbagai jenis tisane yang berasal dari bunga berikut ini.

Chamomile

Berasal dari bunga chamomile yang dikeringkan, tisane ini juga sering diminum untuk mendapatkan tidur berkualitas. Banyak yang mengalami insomnia menyeduh tisane chamomile sebelum jam tidur agar saraf rileks dan lekas tertidur.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh National Institute of Health, manfaat lain dari chamomile tea adalah mampu menurunkan kadar asam dalam lambung. Chamomile memiliki kemampuan anti-inflamasi dan anti-mikroba.

Ketika asam lambung naik hingga terasa hingga kerongkongan, chamomile yang mampu sebagai anti-inflamasi dapat membantu mengatasi persoalan tersebut. Studi lanjutan yang dilakukan pada tahun 2015 juga menemukan bahwa stres adalah pemicu GERD atau refluks asam lambung.

Nah, chamomile tea dapat membantu mengurangi stres, artinya dapat mencegah GERD dan asam lambung naik karena stres.

Crysanthemum

Punya tanaman cantik ini di rumah? Bunganya bisa diolah menjadi tisane. Dalam ilmu pengobatan Cina, bunga chrysanthemum (krisan) bisa mengobati sakit tenggorokan dan menurunkan demam.

Sebelum diseduh, keringkan atau diangin-anginkan sampai layu dulu. Setelah itu seduh dengan air panas, diamkan sesaat dan bisa dinikmati.

macam macam teh bunga
Ilustrasi macam-macam teh bunga (Unsplash/Alison Marras)

Lavender

Kelelahan dan kecemasan bisa diatasi dengan menyeduh tisane lavender. Lavender yang dipakai tisane bukan bunga lavender hias yang tidak beraroma ya.

Paling banyak dipakai untuk tisane adalah jenis French Lavender. Yang diambil sebagai tisane adalah tunas bunga lavender beraroma. Sehingga saat diseduh, aroma harum akan berpendar.

Rosella

Penelitian yang dilakukan USDA tahun 2008 membuktikan bahwa rosella dapat menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Nah, jika diseduh rasanya agak masam namun tetap segar dan beraroma.

Sudah pernah mencoba macam-macam teh bunga di atas? Kenali efeknya ya, sebab setiap orang tidak akan sama. Ada pula orang yang bisa alergi terhadap bunga apalagi menyeduh bunga menjadi teh beraroma.