Bolehkah Lansia Minum Kopi? Ada Dampak Baik dan Buruk yang Mengintai
Bolehkah lansia minum kopi? (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Selain mengonsumsi teh, sebagian orang tua juga masih sering minum kopi. Banyak yang bertanya-tanya bolehkah lansia minum kopi? Mengingat kondisi tubuhnya sudah tidak sebaik waktu mudah, banyak orang yang mengkhawatirkan kebiasaan lansia yang suka minum kopi.

Tidak sedikit orang yang menganggap kopi tidak baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sudah sepuh atau lansia. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi ditakutkan bisa mengganggu kesehatan lansia. Apalagi kafein merupakan stimulan yang meningkatkan detak jantung.

Namun faktanya banyak lansia yang punya kebiasaan minum kopi, baik itu di pagi, sore, maupun malam hari. Biar nggak overthinking atau cemas berlebihan, mari simak penjelasan apakah kopi aman untuk lansia. 

Bolehkan Lansia Minum Kopi?

Lansia diperbolehkan minum kopi asalkan memperhatikan batasan atau tidak berlebihan. Jika ingin lebih aman lagi, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter atau ahli gizi. Langkah ini penting dilakukan untuk menyesuaikan tingkat keamanan konsumsi kopi berkaitan dengan kondisi kesehatan lansia. 

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh aman dikonsumsi oleh lansia dalam batas wajar. Di samping itu, minum kopi bagi lansia juga bisa memberikan sejumlah manfaat baik. Kandungan yang terdapat dalam kopi berperan dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan menurunkan risiko alzheimer. 

Seorang peneliti dari Edith Cowan University di Australia, Samantha Gardener, melakukan riset mengenai hubungan kopi dengan penurunan risiko alzheimer. Dari hasil penelitian tersebut, Edith Cowan menyebut bahwa mengonsumsi kopi sejumlah 1-2 cangkir dapat meningkatkan fungsi eksekutif seperti aktivitas manajemen waktu, perencanaan, dan memori kerja. 

Sementara itu dari studi yang dilakukan AARP dan National Institutes of Health, menyebutkan bahwa orang lansia yang rutin minum kopi mempunyai risiko kematian yang lebih rendah secara keseluruhan. Hal ini berkaitan dengan kandungan kafein yang bisa meningkatkan energi, melawan rasa lelah, dan meningkatkan mood atau suasana hati. 

Selain itu, minum kopi dalam jumlah yang secukupnya juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Mengingat kardiovaskular menjadi salah satu masalah kesehatan yang dapat memicu kematian, sehingga minum kopi bisa memperpanjang usia harapan hidup bagi lansia. 

Waspadai Dampak Negatif Minum Kopi bagi Lansia

Walaupun minum kopi memiliki sejumlah manfaat bagi lansia, namun dibalik itu ada juga dampak negatif yang mengintai. Para lansia diingatkan untuk tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan demi menghindari risiko masalah kesehatan yang mungkin terjadi. 

Berikut ini beberapa efek negatif minum kopi bagi lansia yang harus diwaspadai:

  • Meningkatkan tekanan darah: Meskipun efeknya ini hanya bersifat sementara, namun kondisinya mungkin berbahaya bagi orang tua penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.  
  • Masalah pencernaan: Kandungan kafein dalam kopi bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti sakit perut, diare, dan asam lambung naik.  
  • Meningkatkan frekuensi urine: Minum kopi, terlebih dalam jumlah banyak, bisa meningkatkan frekuensi urine yang memicu dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi sering buang air kecil setelah mengonsumsi kopi juga dapat membuat lansia kesulitan tidur atau tidak mendapat waktu istirahat berkualitas. 

Demikianlah ulasan mengenai bolehkah lansia minum kopi? Orang berumur tua diperbolehkan minum kopi asalkan memperhatikan batasan atau tidak secara berlebihan. Alangkah lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan tingkat keamanan minum kopi bagi lansia. Baca juga daftar minuman yang mengandung kafein

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.