Tanda-tanda Kulit sedang Lelah, Apa Saja?
Ilustrasi (Mentatdgt/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Stres dan lelah memang tidak bisa dihindari. Apalagi jika kurang menerapkan pola hidup sehat sehari-hari. Ketika mengalami stres dan lelah, secara otomatis tubuh akan bereaksi. Mungkin Anda merasa pegal-pegal, sulit tidur, emosi turun naik dan seterusnya.

Stres dan kelelahan juga akan berpengaruh pada kulit wajah. Wajah sebagai ‘etalase’ penampilan seseorang akan memberikan tanda-tandanya. Jika ini sudah terjadi maka baiknya perlu segera diatasi.

Apa saja tanda kulit  yang sedang stres dan lelah?

Bisa tiba-tiba jerawat muncul di mana-mana. Bagi yang cenderung berjerawat, maka kondisinya bertambah parah. Saat stres, tubuh mengeluarkan hormon kortisol. Ketika hormon kortisol naik, kadar hormon testosteron akan ikut naik. Hormon khas pria ini menyebabkan lonjakan produksi sebum atau minyak di kulit sehingga menyebabkan jerawat lebih meradang.

Tanda lainnya adalah mulai muncul lingkaran hitam di sekitar mata. Stres cenderung membuat sulit tidur sehingga sirkulasi darah melambat dan pembuluh darah di bawah mata meluas, sehingga menyebabkan lingkaran hitam di sekitar mata. Juga mata terlihat lebih sembab.

Selanjutnya, kulit terlihat kusam, dan kurang bercahaya. Ketika tubuh lelah dan stres, tubuh banyak kehilangan cairan dan tidak mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati secara alami. Itu sebabnya Anda perlu bantuan dari luar dalam bentuk pelembap yang menghidrasi kulit dan eksfoliasi kulit secara rutin.

Tidak cuman itu, saat Anda stres bisa timbul gejala wajah memerah, hingga terlihat meradang. Pasalnya, stres bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif dan kering. Terakhir, perhatikan kondisi rambut. Rambut rontok tanpa sebab juga salah satu tanda tubuh kita dilanda stres dan lelah. Begitu juga munculnya ketombe.

Lantas, apa yang dilakukan saat kulit lelah?

Pertama, perbaiki cara melakukan perawatan rutin harian pada kulit. Hal dasar ini wajib dilakukan setiap hari minimal 2 kali sehari yaitu : cleansing, toning and moisturizing. Lakukan juga eksfoliasi minimal seminggu sekali.

Kedua, manjakan kulit dengan masker seminggu sekali atau sesuai keinginan. Sekarang tersedia masker instan yang sangat praktis.

Ketiga, gunakan eye cream atau eye gel dalam perawatan kulit sehari-hari. Jika mata bengkak, kompres dengan kantung teh hangat atau es batu. Kurangi garam dalam asupan makanan sehari-hari.

Keempat, bawa face mist di dalam tas dan semprotkan ke wajah begitu kulit terasa kering.

Kelima, gunakan sunscreen setiap hari untuk mengurangi efek UV yang membuat kulit semakin terlihat kusam.

Keenam, pakailah sampo untuk rambut rontok atau rambut rapuh dan hentikan dulu blow dry.

Terakhir, khusus untuk jerawat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit apalagi jika terlihat meradang dan memerah.