Menu Bekal Sekolah Anak SD yang Sehat dan Pasti Disukai
Menu Bekal Sekolah Anak SD (Gambar Jimi Filipovski - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Menginjak tahun ajaran baru bagi kalian para orangtua yang anaknya baru menginjak jenjang Sekolah Dasar (SD) tentunya butuh inspirasi menu bekal sekolah anak sd yang bikin anak lahap makan dan betah di sekolah.

Supaya kebutuhan gizi anak kesayangan kita tercukupi, untuk inspirasi bekal anak kita sekolah sebaiknya mengandung lima jenis makanan.

Kelima jenis makanan tersebut ialah sayuran, buah, susu, makanan berpati (karbohidrat), dan protein. Apa saja resepnya? Yuk, simak sampai selesai ya!

Menu Bekal Sekolah Anak SD

I. Onigiri

Onigiri merupakan menu nasi dengan wujud unik serta menarik atensi anak. Kalian dapat mengkreasikan wujud onigiri sesuai bentuk yang disukai anak. Mulai dari bentuk segitiga, bulat, ataupun lonjong. Kalian dapat kreasikan wujudnya seperti membuat mata ataupun bentuk yang lain dengan nori/rumput laut.

Buat isian onigirinya sendiri dapat disesuaikan pula dengan selera anak. Mulai dari ikan tuna, salmon, daging ayam, maupun daging sapi.

II. Pasta Salad

Bila anak bosan dengan nasi, Kalian dapat membuat menu bekal sekolah anak sd berbahan dasar pasta! Tidak hanya itu, menu ini pula dapat membuat anak memakan sayur mayur dengan metode serta penyajian yang berbeda. Kalian cuma butuh mempersiapkan pasta dengan jenis sesuai selera, mulai dari penne, fusilli, bontie, serta lainnya.

Tidak hanya pasta, Kalian dapat siapkan bermacam sayur-mayur fresh semacam selada, jagung manis, mentimun, serta yang lain. Sehabis mempersiapkan seluruh bahan isiannya, dapat dicampurkan dengan mayones dan pula yoghurt!

III. Nasi Goreng Bakso&Sosis

Nasi goreng merupakan inspirasi menu bekal anak yang sangat gampang dan pasti disukai anak. Kalian dapat memakai bakso serta sosis selaku bahan utama dalam nasi goreng. Supaya asupan gizinya lebih maksimal, Kalian pula dapat tambahkan sayur-mayur semacam sawi, wortel, serta jagung.

IV. Yakitori

Inspirasi bekal anak sekolah yang lain dapat dengan nasi ayam yakitori! Supaya konsumsi gizinya lebih bermacam-macam, Kalian dapat sisipkan beberapa potong sayur-mayur semacam daun bawang serta paprika merah serta hijau.

Dengan ekstra sayuran, jumlah konsumsi mineral, serat, serta vitamin jauh lebih maksimal.

V. Sandwich

Sesungguhnya, menu bekal sekolah anak tidak wajib selalu nasi. Kalian dapat mengubah karbohidratnya dengan kentang ataupun roti. Salah satunya yaitu dengan mengubahnya dengan menu sandwich!

Bila Kalian tidak mempunyai waktu banyak dalam mempersiapkan bekal anak, sandwich merupakan opsi yang pas. Kalian dapat memakai smoked beef, potongan tomat serta selada, jangan ketinggalan pula sisipkan keju buat menaikkan cita rasanya! Kalian mudah dalam mempersiapkan nya, anak juga lahap saat menyantapnya!

VI. Rolls-Up Bento Daging&Sayuran

Kalian cari menu bekal anak yang unik? Rolls-up Bento ini dapat jadi opsi utama, lho! Semacam rolade, Rolls-Up ini memakai teknik gulung dalam penyajiannya. Kalian dapat pakai daging sapi serta sayur-mayur selaku isiannya. Rolls-up dapat dimakan berbarengan dengan nasi putih serta salad, anak tentu lahap!

VII. Chicken Teriyaki

Menu khas negara Jepang satu ini pula dapat jadi inspirasi bekal anak sekolah, lho! Kalian bebas memilah tipe daging ayam yang diinginkan, bisa dada ayam fillet ataupun potongan sayap ataupun paha.

Buat bumbu marinasinya juga sangat gampang ditemui di supermarket ataupun pasar tradisional. Kalian dapat langsung pakai bumbu teriyaki ataupun pakai kecap manis, kecap asin serta minyak wijen!

VIII. Kimbap

Kimbap, cocok jadi inspirasi bekal anak andalan Kalian. Dibuat dari nasi yang digulung dengan rumput laut, mirip dengan sushi tetapi berbeda! Santapan khas Korea ini umumnya berisi wortel, telur, serta sosis. Tetapi, Kalian senantiasa dapat mengkreasikan isian kimbap ini sesuai dengan selera anak. Semacam daging sliced, tuna, serta lain sebagainya.

IX. Chicken Katsu

Tidak hanya chicken teriyaki, chicken katsu pula dapat jadi menu kesukaan anak. Siapkan dada ayam serta tepung buat menggoreng ayam. Kalian bebas memilah topping ataupun bumbu ekstra buat ayam ini. Dapat dengan bumbu saus kari ataupun bumbu teriyaki. Sesuaikan lah dengan selera anak!

Sajikan dengan nasi putih serta salad membuat asupan anak jadi lebih bergizi!

Kalau kalian sayang pada anak, kalian juga perlu mengajarkan “Strategi Perlindungan Diri yang Perlu Diajarkan Agar Anak Mampu Bertahan Hidup”.

Jadi setelah mengetahui menu bekal sekolah anak sd, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!