Apa Itu Teknik Bodi Otomotif dan Prospek Kerjanya
Ilustrasi Teknik Bodi Otomotif (smkn1purwosari.sch.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Secara umum teknik bodi otomotif adalah salah satu jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurusan ini akan memberikan bekal kepada siswa pengetahuan tentang bodi yang digunakan dalam dunia otomotif. Untuk mengenal apa itu teknik bodi otomotif simak artikel berikut ini.

Apa Itu Teknik Bodi Otomotif dan Prospek Kerjanya

Teknik Bodi Otomotif (TBO) adalah salah satu jurusan di sekolah kejuruan yang memberikan kompetensi kepada siswanya agar menjadi teknisi perbaikan bodi kendaraan khususnya mobil. Tidak hanya eksterior, jurusan ini juga menyiapkan siswanya agar memiliki pengetahuan menyeluruh terkait interior kendaraan.

Di jurusan teknik bodi otomotif siswa tidak hanya mendapatkan pelajaran praktik namun berbagai teori. Misalnya, siswa akan diberikan pengetahuan tentang perawatan sekaligus perbaikan bodi kendaraan. Selain itu diajarkan pula pengetahuan tentang desain hingga bahan yang digunakan dalam dunia otomotif untuk membuat sebuah bodi kendaraan.

Tidak sampai situ saja, siswa jurusan TBO juga akan belajar teknologi yang diterapkan dalam dunia otomotif terbaru, khususnya yang berkaitan dengan bodi mobil konvensional, listrik, hybrid, dan sebagainya.

Berikut ini beberapa contoh pelajaran yang akan diajarkan di teknik bodi otomotif yakni sebagai berikut.

  • Teknologi dasar otomotif
  • Pekerjaan dasar teknik otomotif
  • Teknik listrik dasar
  • Perbaikan panel bodi
  • Pengecatan bodi
  • Pemeliharaan kaca, aksesoris, dan interior

Prospek Kerja Teknik Bodi Otomotif

Jurusan teknik ini memiliki prospek pekerjaan yang masih luas, khususnya dalam hal wirausaha. Berikut ini beberapa prospek kerja jurusan TBO.

  1. Teknisi Bodi Mobil

Teknisi bodi mobil adalah profesi yang memiliki pengetahuan dalam hal bodi kendaraan. Teknisi bertugas untuk melakukan perawatan, perbaikan, hingga modifikasi bodi mobil. Profesi ini bisa bekerja di bengkel resmi yang bekerja untuk menangani kerusakan pada bodi mobil.

  1. Pengawas Bengkel

Saat ini ada banyak bengkel otomotif yang fokus di bagian bodi. Artinya kebutuhan industri otomotif atas pengawas bengkel juga terus bertambah. Profesi inilah yang nantinya hanya bisa diisi oleh lulusan TBO.

  1. Painter

Lulusan TBO juga dibekali dengan pengetahuan tentang bodi mobil dan teknik pengecatan. Pengetahuan tersebut mencakup alat apa saja yang dipakai dalam proses pengecatan. Lulusan TBO bisa membuka jasa pengecatan bodi otomotif sendiri atau bisa bekerja sebagai bagian dari perusahaan otomotif.

  1. Modifikator

Modifikator adalah seseorang yang memiliki kompetensi dan keahlian di bidang modifikasi kendaraan. Lulusan TBO memiliki kopetensi di sebagai seorang modifikator. Profesi ini banyak dicari karena kebutuhan untuk memodifikasi kendaraan terus berkembang.

  1. Restorasi Mobil

Restorasi mobil adalah proses pemulihan kendaraan yang sudah tua, klasi, atau mobil yang dalam kondisi kurang baik menjadi lebih baik atau setidaknya kembali layak untuk dipakai sebagai alat transportasi. Profesi sebagai restorator mobil banyak dicari mengingat di Indonesia, banyak orang yang memiliki hobi mobil klasik.

Itulah informasi terkait apa itu teknik bodi otomotif. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.