5 Alasan Kenapa Perlu Rutin Membacakan Buku untuk Anak
Ilustrasi alasan positif rutin membacakan buku untuk anak (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Alih-alih memberi waktu screentime lebih lama, lebih baik membacakan buku untuk anak. Ternyata, selain membangun kedekatan emosional, membacakan buku pada anak banyak manfaatnya. Terutama jika dilakukan sebelum tidur, berikut daftar positif kenapa perlu rutin bacakan buku pada buah hati.

1. Membentuk pandangan anak tentang dunia

Tentu saja orang tua harus selektif dalam memilih buku yang dibacakan. Menurut neuropsikolog Laura Phillips, PsyD., ABPdN. dilansir Child Mind Institute,  membaca buku baik untuk anak segala usia. Semakin dini, semakin membantu setiap tahapan dalam perkembangannya. Untuk anak baru lahir pun, membacakan buku juga membantu si bayi mengenal kata, kalimat, dan bahasa.

Bagi anak yang lebih besar, isi buku penting dipertimbangkan. Anda bisa membacakan buku bertema pertemanan, tentang sekolah, liburan, pengorbanan, kebaikan, pertumbuhan, hingga rasa syukur.

alasan rutin membacakan buku untuk anak
Ilustrasi alasan positif rutin membacakan buku untuk anak (Freepik)

2. Membentuk pemahaman yang lebih baik

Membacakan cerita tentang berbagai karakter dan situasi yang berbeda, membantu anak membentuk pemahaman lebih baik tentang dunia. Dengan begitu, anak-anak akan memahami semua jenis orang dan benda yang berbeda. Semakin banyak literatur berbeda yang dibacakan, semakin besar rasa empatinya.

3. Mengasah keterampilan komunikasi

Tidak hanya mendengarkan dan menyerap banyak kata serta memahami cara merangkai kalimat. Membacakan buku pada anak juga menjadi dasar banyak percakapan menarik. Percakapan tentang cerita yang kemudian dapat diubah menjadi banyak hal yang mendukung keterampilannya berkomunikasi.

4. Membangkitkan imajinasi

Cerita dapat membangkitkan imajinasi anak. Melansir All Women’s Talk, kata-kata dan narasi pada buku yang dibacakan, dapat membuka pikiran dan membangkitkan proses kreatif anak-anak. Semakin banyak Anda dapat membacakan buku untuk anak, semakin besar kemungkinan mereka memiliki imajinasi luas.

5. Menorehkan memori positif

Kenangan masa kecil yang positif, terngiang hingga dewasa. Kalau masa kecil anak-anak Anda memiliki banyak memori positif dalam hubungannya dengan Anda orang tuanya, mereka akan meneladani hal tersebut pada kehidupan dewasanya. Itu artinya, manfaat membacakan buku untuk anak bersifat positif hingga mereka dewasa nanti.