Mau Kulit Tampak Awet Muda di Usia 40-an? Begini Rahasianya
Ilustrasi (Anna Svets/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memasuki usia 40 tahun biasanya kulit wajah mulai menampakkan ciri-ciri perubahan. Misalnya, keriput di area mata, bibir, dahi, serta flek hitam bekas jerawat maupun terbakar sinar mata hari membandel. Kualitas kulit ini memang bakal menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Tapi, Anda tidak perlu cemas. Meski perubahan mutlak terjadi, Anda tetap punya cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek-efek penuaan kulit.

Rajin Membersihkan Wajah

Malas membersihkan wajah bisa memicu jerawat, kulit kering, kusam, hingga timbul garis-garis halus. Sisa kotoran dan debu juga dapat menyumbat pori-pori sehingga pori-pori tampak lebih besar. Sebelum semua masalah kulit ini terjadi, Anda perlu rajin membersihkan wajah tiap pagi dan malam agar kulit lebih sehat, ya.

Rajin Skincare Malam Hari

Malam hari adalah saat yang tepat untuk menggunakan skincare sebab kandungan bahan aktif di dalamnya bekerja membantu regenerasi sel-sel kulit. Agar wajah awet muda, pilihlah produk skincare yang mengandung lactic acid dan retinol karena kedua kandungan ini paling ampuh mengatasi penuaan dini.

Rajin Eksfoliasi

Agar wajah awet muda, sering-sering lakukan eksfoliasi. Langkah ini pantang Anda lupakan dalam rutinitas skincare. Eksfoliasi bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit tampak lebih kusam. Biar produk skincare yang dipakai bisa meresap dengan baik ke dalam lapisan kulit, sel-sel kulit mati harus diangkat. Pilih produk eksfoliasi yang lembut di kulit wajah. Eksfoliasi minimal 2 kali seminggu bisa buat wajah Anda awet muda.

Selalu Pakai Eye Cream

Gunakan juga eye cream agar wajah awet muda. Pilihlah eye cream dengan konsistensi yang nyaman di kulit mata dan sesuai dengan jenis permasalahan kulit di sekitar mata.

Rajin Pakai Masker Wajah

Agar wajah awet muda, Anda bisa sering pakai masker untuk menjaga kulit tetap sehat. Ada banyak ragam masker yang dijual di pasaran. Anda bisa memilih peel-off mask, wash-off mask, sheet mask, atau sleeping mask. Carilah masker yang fokus pada mengatasi masalah anti aging.