Ciri-ciri Orang Hamil, dari yang Terlihat Mata Sampai Kadang Tak Disadari
Ilustrasi ibu hamil (Freepik-senivpetro)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kadang kala ciri-ciri orang hamil bisa terlihat mata atau bisa pula tak disadari. Pasalnya kehamilan bisa terjadi tanpa tanda yang benar-benar jelas, tergantung ibu hamil itu sendiri. Artikel ini akan memberikan informasi tentang ciri orang hamil yang disadari hingga tak disadari baik oleh ibu hamil atau orang di sekitarnya.

Ciri-ciri Orang Hamil

Seperti dijelaskan sebelumnya, tanda-tanda kehamilan antara satu wanita dengan wanita lain kadangkala berbeda. Hal tersebut terjadi karena tiap wanita punya kondisi tubuh yang berbeda-beda pula sehingga respon wanita terhadap kehamilan pun tidak sama.

Ada beberapa ciri wanita hamil yang kadang terlihat maupun tidak terlihat. Artikel ini akan menyebutkan ciri-ciri kehamilan baik secara umum hingga spesifik yang mungkin tidak disadari oleh si ibu hamil itu sendiri.

  1. Menstruasi Terlambat

Tanda ini sangat umum dialami oleh wanita hamil. Keterlambatan sendiri bisa terjadi empat hingga lima hari dari jadwal menstruasi yang seharusnya. Akan tetapi terlambat menstruasi bukan tanda mutlak kehamilan karena bias terjadi karena penyebab lain seperti stres atau bisa karena hormon yang tak seimbang.

  1. Payudara Lebih Sensitif

Tanda kehamilan yang tidak kasat mata lainnya adalah payudara jadi lebih sensitif bahkan nyeri saat tersentuh. Payudara juga akan lebih kencang. Ibu hamil akan merasa tidak nyaman atas kondisi ini. Ciri ini muncul karena naiknya jumlah hormon progesteron serta estrogen pada ibu hamil meningkat.

  1. Perubahan pada Puting

Secara spesifik, puting ibu hamil juga akan mengalami perubahan yakni berubah warna menjadi memerah sekaligus menonjol. Selain itu area sekitar putting atau areola akan berubah warna jadi lebih gelap. Di sekitar puting kadang akan muncul garis urat. Kondisi ini terjadi karena aliran darah ke area putting akan makin deras sebagai bentuk persiapan produksi ASI.

  1. Mual dan Muntah

Morning sickness adalah salah satu tanda kehamilan yang umum dirasakan oleh wanita hamil. Kondisi ini berupa mual dan muntah di pagi hari, atau bisa juga terjadi ketika siang, sore, bahkan malam. Wanita hamil akan mengalami mual dan muntah hingga trimester kedua atau ada pula yang sampai menjelang melahirkan.

  1. Perut Kembung

Sensasi ini muncul biasanya bersamaan dengan mual dan muntah. Kondisi ini terjadi karena adanya kenaikan hormon progesteron di masa awal kehamilan.

  1. Mudah Lelah

Ciri orang hamil yang juga sering terjadi adalah mudah lelah. Kondisi ini akan dirasakan di minggu pertama. Kondisi ini terjadi karena ada berbagai perubahan di tubuh seperti perubahan fisik, metabolisme, hingga hormon.

  1. Suasana Hati Gampang Berubah

Suasana hati wanita hamil sangat mudah berubah dan kondisi ini jarang disadari oleh si ibu hamil itu sendiri. Perubahan suasana hati bisa menyebabkan muncul rasa marah lalu tiba-tiba sedih. Hal ini terjadi karena perubahan hormon.

  1. Intensitas Buang Air Kecil Lebih Sering

Tanda kehamilan ini biasa terjadi kurang lebih 6-8 minggu pasca pembuahan. Ibu hamil akan sering buang air kecil karena hormon hCG yang tinggi. Ibu hamil juga akan lebih sulit menahan air urin karena kandung kemih wanita hamil tertekan rahim. Bahkan ibu hamil akan mudah mengompol.

  1. Ngidam

Yang kadang tak disadari oleh orang lain adalah bahwa ibu hamil akan sering ngidam. Kondisi ini disebabkan karena hormon estrogen dan progesteron di tubuh yang berubah. Selain itu ngidam juga bisa jadi pertanda bahwa si ibu hamil membutuhkan makanan bernutrisi tinggi.

  1. Sembelit

Meski sering ngidam, ibu hamil bisa saja mengalami sembelit atau sulit buang air besar. Kondisi ini dipicu karena naiknya hormon progesteron. Saat hormon tersebut tinggi, usus jadi lebih lambat dalam bergerak sehingga feses akan sulit keluar.

  1. Nyeri di Kepala dan Punggung

Tanda-tanda hamil yang jarang disadari adalah muncul rasa nyeri di kepala dan punggung. Nyeri ini terjadi akibat meningkatnya aliran darah dan hormon secara mendadak, dimana tubuh ibu hamil akan menampung 50 persen darah tambahan ketika mengandung. Titik nyeri biasanya ada di bawah punggung.

  1. Naiknya Suhu Tubuh

Tanda hamil yang jarang disadari adalah naiknya suhu tubuh internal ketika bangun pagi. Hal ini terjadi karena suhu tubuh basal akan naik setelah ovulasi lantaran progesteron mengalami peningkatan. Tanda-tanda ini bisa terjadi selama 2.5 minggu.

  1. Sensitif Terhadap Bau

Jurnal Frontiers in Psychology, “Pregnancy and Olfaction”, menjelaskan bahwa kadang wanita hamil akan lebih sensitif terhadap bau-bau tertentu. Akibatnya si ibu akan mual, pusing, bahkan terjadi perubahan suasana hati.

  1. Flek Darah Setelah Pembuahan

Jika setelah pembuahan muncul flek darah, berarti ada kemungkinan terjadi kehamilan. Sel telur yang berhasil dibuahi akan terus berkembang hingga jadi janin lalu menempel di rahim. Proses penempelan itu akan merusak pembuluh darah di sekitar rahing sehingg terjadi flek. Tanda ini muncul kurang lebih 6-12minggu setelah pembuahan.

  1. Kram Perut

Tanda lain kehamilan yang jarang diketahui adalah munculnya kram perut. Kram ini juga sering disalahartiken dengan tanda menstruasi. Oleh karena itu banyak ibu hamil yang merasa kram karena mens padahal ia mengalami kehamilan.

  1. Nafsu Makan Berkurang

Ibu hamil sangat mungkin mengalami pengurangan nafsu makan terutama saat trimester pertama. Penurunan ini terjadi dibarengi dengan mual, muntah, bahkan karena efek bertambahnya sensitivitas penciuman. Namun ada pula yang nafsu makannya justru naik.

  1. Rambut Rontok

Tanda ini jarang terjadi namun sangat mungkin terjadi pada ibu hamil. Dikutip dari situs Puskesmas 2 Kemranjen Kabupaten Banyumas, American Pregnancy Association mengatakan bahwa kerontokan rambut bisa jadi ciri hamil. Kondisi ini terjadi karena hormon yang berubah.

  1. Kulit Lebih Cerah

Ibu hamil kerap mengalami “pregnancy glow” yakni kondisi yang menyebabkan kulit ibu hamil lebih cerah dan merona. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan volume darah serta kadar hormon yang tinggi sehingga menyebabkan darah lebih banyak mengalir di pembuluh darah. Saat itu terjadi kelenjar kulit akan memproduksi minyak lebih banyak sehingga wajar kulit jadi terkesan lebih glowing.

  1. Muncul Jerawat

Munculnya jerawat juga bisa jadi tanda kehamilan. Hal ini terjadi kaarena perubahan hormon. Jika ibu hamil merasa terganggu dengan jerawat tersebut harap diperhatikan pengobatannya. Jerawat jadi salah satu ciri-ciri orang hamil dari raut wajah.

  1. Perubahan pada Bibir Vagina

Ciri kehamilan lain adalah perubahan pada bibir vagina. Perubahan bisa beragam seperti terjadi penebalan, bibir vagina jadi kurang sensitif, bahkan berubah warna jadi kebiruan atau keunguan. Kondisi ini biasa terjadi di minggu ke-4.

Disarankan untuk mengetahui ciri-ciri orang hamil tanpa mual di periode awal untuk memastikan kehamilan.

Itulah informasi terkait ciri-ciri orang hamil. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.