Hilbram Dunar Didiagnosis Kanker Usus Besar Sejak Oktober 2023
Hilbram Dunar (kanan) bersama anak-anak dan istri (Instagram @hilbramdunar)

Bagikan:

JAKARTA - Presenter dan penyiar radio Hilbram Dunar yang meninggal dunia hari ini, Minggu, 31 Maret, diketahui menderita kanker usus besar sejak Oktober tahun lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Ranu Ragusti Dunar, anak pertama Hilbram Dunar kepada awak media setelah sang ayah dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

“Papa didiagnosa kanker tanggal 17 Oktober, tapi keluarga sudah tahu mungkin dari lima hari sebelumnya, dikasih tahu sama dokter biar kita bisa siap-siap pas papa yang kasih tahu kita,” ungkap Ranu Ragusti Dunar.

Ranu menyebut diagnosa terhadap kanker yang diderita sang ayah sudah memasuki stadium empat. Hilbram pun sudah menjalani kemoterapi untuk berjuang melawan penyakitnya itu.

“Pas kita baru tahu langsung stadium empat. Sebelum kemoterapi yang sesi pertama, papa masih baik-baik aja, masih bersemangat, belum ada sakit-sakitnya, masih kerja,” kata Ranu.

“Sering (mengeluh saat sakit), tapi mungkin ngeluhnya lebih sering ke mama, ke anak-anaknya jarang. Mungkin papa maunya kita lihat papa kuat, walaupun mama cerita ke aku,” lanjutnya.

Ranu menyebut Hilbram dunar adalah sosok ayah yang menjadi panutan anak-anaknya. Ia menjadikan sang ayah sebagai contoh utama dalam banyak aspek kehidupan.

“Di mataku, papa itu orang yang aku kagumi banget. Aku gede mau jadi papa, keluarganya kayak papa, sesayang papa. Papa jarang marah, papa orangnya sabar banget. Papa jarang ngeluh kalau di depan aku . Yang aku tahu, papa di mata aku paling the best,” pungkas Ranu Ragusti Dunar.