Pernikahan Lebih Bahagia, Lakukan 7 Kebiasaan ini Sebelum Tidur
Ilustrasi pasangan (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

JAKARTA – Pasangan yang berbahagia melakukan kebiasaan mesra untuk membangun kedekatan dan kehangatan dalam rumah tangga. Meski setiap pasangan memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, tetapi momen menutup setelah sehari beraktivitas akan sangat bermakna.

Beberapa pasangan masih menjalani pillow talk setelah bertahun-tahun menikah. Ada yang membicarakan topik santai hingga akhirnya bercinta. Ada juga yang saling menatap lalu terlelap.

Selain dua kebiasaan tersebut, dilansir dari Huffington Post, Rabu, 3 Maret, ada kebiasaan baik sebelum tidur yang perlu dibiasakan seperti daftar di bawah ini.

Menyesuaikan jam tidur

Pekerjaan dan aktivitas sosial lain menjadi penyebab pasangan tidak bisa tidur pada jam yang sama. Hal tersebut membuat komunikasi terhambat. Kurt Smith, seorang terapis pernikahan, menerangkan bahwa kebiasaan jam tidur yang berbeda hendaknya dihindari.

Karena seharian sudah menjalani aktivitas masing-masing, maka komunikasi hanya bisa terjalin diatas ranjang.

Ucapkan kata mesra

Paling klise adalah ucapan ‘I love you’. Kata-kata memang nggak berarti apapun dibanding perlakuan mesra dari keduanya. Psikolog Ryan Howes menyarankan bahwa kata tersebut diucapkan dengan kesungguhan. Hindari asal ucap karena efeknya hanya kata-kata tak bermakna.

Dengan mengucapkan kata-kata mesra, setiap pasangan bisa mengingatkan bahwa mereka saling cinta.

Matikan telepon genggam

Kari Caroll, terapis hubungan menceritakan pengalamannya. Pasangan yang menentukan aturan sendiri, misalnya dengan tidak boleh bermain telepon genggam saat malam hari, memiliki kualitas hubungan dan tidur yang baik.

Dengan menutup jendela ke seluruh dunia virtual dalam genggaman, kedekatan lebih intim dan komunikasi akan lebih mendalam.

Lakukan kebiasaan kecil

Mengucapkan cinta tanpa sentuhan fisik bisa jadi tidak ada artinya. Pasangan dapat membiasakan memberi kecupan romantis untuk menguatkan hubungan. Kebiasaan romantis ini banyak manfaatnya. Selain untuk hubungan pernikahan bahagia, sentuhan bisa membuat fisik lebih sehat.

kebiasaan pasangan bahagia sebelum tidur
Ilustrasi pasangan (Pexels/ ba tik)

Membangun keseimbangan

Komunikasi membutuhkan porsi yang imbang. Tidak menganggap masalah yang datang sebagai hal sepele tetapi menyusun solusi bersama. Menurut Kurt Smith, setiap pasangan perlu mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan memahami perasaan masing-masing.

Memiliki waktu berdua

Sesibuk apapun, waktu berdua adalah prioritas bagi pasangan bahagia. Pasangan akan merasa lebih berarti saat punya waktu bercerita sebelum tidur sembari bermesraan. Berbagi cerita juga bermanfaat untuk melepaskan tekanan setelah kerja seharian.

Dari kebiasaan baik diatas dapat Anda lakukan untuk membangun pernikahan bahagia. Adakah yang biasa Anda lakukan bersama pasangan selain tujuh daftar di atas?