Cara Penularan Tuberkulosis, Cara Cegah, hingga Gejalanya
Ilustrasi TBC (ANTARA/HO-Internet)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tuberkulosis atau TBC adalah salah penyakit karena adanya bakteri Mycobacterium tuberculosis. TBC menyerang paru-paru, namun bisa menyerang organ lain seperti ginjal, kelenjar getah bening, selaput otak, bahkan tulang dan sendiri. Cara penularan tuberkulosis sendiri cukup beragam.

Cara Penularan Tuberkulosis

Perlu diketahui bahwa TBC memang bisa menular dan menginveksi orang lain. Bahkan kasus TBC tinggi di Indonesia. Meski begitu penularannya tidak semudah seperti yang dibayangkan. Meski begitu masyarakat perlu mengantisipasi penularan TBC. Berikut ini cara penularan TBC.

  1. Udara

Dalam situs Healthline dikatakan bahwa TBC bisa menyebar lewat udara. Cara TBC menular lewat udara adalah yakni saat air liur penderita berada di udara tiba-tiba terhirup oleh orang lain yang sehat, maka bakteri bisa menginveksi orang tersebut.

Perlu diketahui pula bahwa bakteri penyebab TBC bisa bertahan di udara selama berjam-jam. Bahkan bakteri bisa bertahan makin lama jika berada di ruangan lembab dan gelap. Untuk menghindari penularan ini penderita TBC disarankan untuk tetap mengenakan masker. Selain itu usahakan untuk tidak terlalu dekat dengan pasien TBC.

  1. Droplet

Penularan TBC bisa terjadi karena droplet yakni ketika saat pasien batuk, bersin, atau meludah. Pasien TBC disarankan untuk memperhatikan bagaimana ia batuk, bersin, hingga meludah agar tak menjadi media penularan bakteri ke orang lain.

Meski bakteri TB bisa menular dari droplet perlu diketahui bahwa kuman TB tak semudah itu menginveksi seseorang. Sel imun paru manusia pada dasarnya mampu membunuh bakteri yang menginveksi. Namun jika kondisi imun sedang lemah atau karena ada kondisi medis lain maka bakteri TB akan dengan mudah menginveksi seseorang.

Cara Mencegah TBC

Pencegahan terhadap TBC bisa dilakukan dengan beberapa langkah pencegahan. Langkah ini penting dilakukan agar bakteri tak menginveksi orang lain. Berikut ini cara mencegah TBC.

  1. Terapkan pola hidup sehat
  2. Hindari kebiasaan yang dapat memicu sistem pernapasan rusak seperti merokok
  3. Berikan vaksin agar tak mudah terkena TBC
  4. Segera lakukan pemeriksaan jika seseorang memiliki gejala atau berisiko terkena TBC
  5. Perbaiki sistem pencahayaan rumah dan sirkulasi udara
  6. Segera lakukan pengobatan jika muncul indikasi terkena TBC

Gejala TBC

Dikutip dari AI Care, orang yang terinveksi TBC tidak melulu mengalami sakit. Meski begitu ada beberapa gejala yang muncul saat seseorang terkena TB yakni sebagai berikut.

  • Mengalami batuk hingga 2 minggu lebih
  • Batuk disertai dengan darah
  • Dada terasa nyeri dan sulit bernapas
  • Berat badan makin turun tanpa sebab
  • Merasa lelah berkelanjutan padahal tak melakukan kegiatan yang berarti
  • Sering demam namun tak terlalu tinggi
  • Keluar keringat padahal tak melakukan kegiatan fisik
  • Nafsu makan berkurang drastis

Itulah informasi terkait cara penularan tuberkulosis. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.