Sutradara Menjelang Magrib, Helfi Kardit Tak Terima Filmnya Diboikot karena Kiblat
Helfi Kardit (Instagram @helfikardit)

Bagikan:

JAKARTA - Sutradara Film Menjelang Magrib, Helfi Kardit angkat bicara terkait filmnya yang masuk dalam daftar film yang diboikot akibat kontroversi film Kiblat belum lama ini. Helfi melalui unggahan di Instagram story-nya menjelaskan kembali terkait isi cerita film Menjelang Magrib.

Salah satu adegan terkait ODGJ yang dipasung merupakan kepercayaan mistis dan takhayul yang justru mengangkat terkait Hak Asasi Manusia (HAM).

" Ada postingan film Menjelang Magrib masuk list film yang eksploitasi agama, yang posting katanya ahli agama kebetulan gue ngga begitu tahu juga ini orang, ini gue jelasin ya film Menjelang Magrib itu tentang ODGJ yang di pasung di rumah pasung dalam kepercayaan mistis dan tahayul, justru film ini tema social dan human right, film tentang hak asasi manusia yang di cekam oleh kepercayaan mistis dan tahayul pada masyarakat," tulis Helfi Kardit dikutip VOI dari instagram pribadinya, Rabu, 27 Maret.

Selanjutnya ia menegaskan kalau film Menjelang Magrib ini bukan film terkait kultur agama, pasalnya ia tidak memasukkan adegan salat yang diganggu oleh hantu atau setan.

"Film ini tentang kultur bukan agama, di film Menjelang Magrib tidak ada adegan sholat yang di datengi setan atau hantu, atau membaca ayat-ayat suci Al Quran," sambungnya.

Terakhir Helfi tidak ingin ikut campur terkait film lain yang dianggap melakukan eksploitasi agama. Ia menuturkan semua film yang sudah tayang di bioskop berarti sudah lulus sensor berdasarkan Lembaga Sensor Film (LSF)

"Kalau film-film lain yang di anggap eksploitasi agama gue ngga mau komen soal itu tapi kalau film itu sudah tayang bioskop pasti sudah lulus sensor, di lembaga sensor itu kan juga ada divisi yang mewakili semua agama," tulisnya.

"Divisi ini menonton dan menilai apakah film ini melanggar aturan agama atau tidak. Kalau sudah tayang bioskop artinya tidak ada masalah dengan lembaga sensor. Semoga ini tidak jadi bola liar yang mengekang filmaker dalam ber ide, berkarya dan menyampaikan visi mereka," pungkasnya.

Meskipun sudah tidak tayang di bioskop, film Menjelang Magrib masih menunjukkan tajinya. Film ini sedang tayang juga di platform streaming Planet Horror di Spanyol.

"Platform digital under akuisisi AMC Network. Film Menjelang Magrib juga akan tayang di bioskop Turki di rencanakan tanggal 16 Agustus dan lagi tahap pembicaraan dengan distributor Saudi dan Thailand. Kalau eksploitasi agama nggak mungkin film ini masih diminati di negara-negara yang mayoritas penduduknya Islam," tegasnya.