Arti Arabbighfirli Warhamni Watub Alayya, Tulisan Arab dan Bacaannya
Ilustrasi membaca dzikir (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Rabbighfirlii warhamnii watub ‘alayya merupakan bacaan istighfar rajab yang perlu diamalkan oleh umat Muslim. Bacaan ditujukan sebagai meminta pengampunan dan taubat kepada Allah SWT. Umat Islam dianjurkan membaca istigfar ini sebanyak 70 kali di pagi dan sore hari ketika bulan Rajab. 

Bulan Rajab merupakan salah satu waktu istimewa bagi umat Muslim untuk memperbanyak amalan. Dalam buku “12 Buku Amalan Mulia Amalan Sepanjang Tahun’ yang ditulis oleh Abdurrahman Ahmad As-Sirbuny, disebutkan bahwa waktu Rajab memiliki keutamaan sebagai bulan mulia dalam Islam. 

Untuk menghimpun amal baik, umat Muslim diajarkan untuk membaca dzikir saat bulan Rajab. Melafalkan dzikir dapat memberikan keutamaan bagi umat Muslim untuk meminta naungan, rahmat, dan keistimewaan di sisi Allah SWT. Selain membaca dzikir, ada sejumlah amalan lain yang sebaiknya dijalani ketika bulan Rajab. 

Bacaan Dzikir Bulan Rajab

Saat memasuki bulan Rajab, umat Muslim dianjurkan membaca dzikir Allahummagfirli warhamni watub alayya. Berdasarkan buku “Ensiklopedia Al-Quran dan Hadits Per Tema Bagian 4 dalam Islam' karangan M. Yusni Amru Ghazali, Lc., dkk.,terdapat hadits yang menyebut:

"Ibnu Umar berkata, 'Suatu ketika aku pernah duduk di dekat Nabi SAW, lalu aku mendengar beliau mengucapkan istighfar seratus kali. Kemudian beliau berdoa:Allahummaghfirli warhamni watub 'alayya innaka antat tauwaaburrahim atau Innaka tawwaabun ghafuur."

Artinya: ‘Ya Allah, ampunilah dosaku dan kasihanilah aku, serta terimalah tobatku. Sesungguhnya Engkau adalah Zat yang Maha Menerima taubat dan Maha Pengasih'. Atau, 'Sesungguhnya Engkau adalah Zat Yang Maha Menerima taubat dan Maha Mengampuni'." (HR. Ahmad).

Macam-Macam Amalan Bulan Rajab

Selain membaca dzikir di atas, umat Muslim juga bisa melakukan sejumlah amalan lain di bulan Rajab untuk mendapat berkah dari Allah SWT. Disebutkan dari Anas bin Malik r.a., Rasulullah SAW bersabda:

"Kelebihan bulan Rajab di atas bulan yang lain adalah seperti kelebihan Al-Quran di atas perkataan yang lain."

Berikut ini beberapa amalan bulan Rajab yang bisa dijalani oleh seorang Muslim, dikuti dari laman resmi Nahdlatul Ulama dan buku “'Kalender Ibadah Sepanjang Tahun' karya Ustadz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid:

Doa Memasuki Bulan Rajab

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

"Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya'bâna waballighnâ ramadlânâ."

Artinya: Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.

Melakukan Puasa Rajab

Seorang muslim juga bisa melakukan ibadah puasa Rajab sebagai amalan di bulan istimewa ini. Berikut ini niat puasa Rajab dan artinya yang perlu dipahami umat Muslim:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i sunnati Rajaba lillâhi ta'âlâ."

Artinya: Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.

Memperbanyak Bacaan Tasbih

Bentuk amalan lain yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Rajab adalah memperbanyak bacaan tasbih atau lafal subhanallah. Umat Muslim dapat melafalkan tasbih sebanyak 100 kali dengan bacaan berkut ini:

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنْبَغِي التَّسْبِيحُ إِلَّا لَهُ، سُبْحَانَ الْأَعَزَّ الأَكْرَمِ، سُبْحَانَ مَنْ لَبِسَ الْعِزَّ وَهُوَ لَهُ أَهْلُ

"Subhaana man laa yanbaghit tasbiihu illaa lahuu, subhaanal a'azzal akraam, subhaana man labisal 'izza wahuwa lahu ahlun."

Artinya: "Maha Suci Dzat yang hanya kepada-Nya tasbih dipanjatkan. Maha Suci Dzat Yang Perkasa lagi Mulia. Maha Suci Dzat yang menyandang keperkasaan, dan hanya Dia-lah yang memang pantas menyandangnya."

Menunaikan Salat Sunnah Rajab

Salat sunnah Rajab juga menjadi salah satu amalan di bulan Rajab. Seperti salat sunnah pada umumnya, salat Rajab bisa dilakukan sebanyak 12 rakaat. Umat Muslim bisa menjalani salat 2 rakaat dengan 1 kali salam. 

Jadi seorang muslim bisa melakukan salat 12 rakaat dengan 6 kali salam. Pada setiap rakaatnya, setelah membaca Al-Fatihah, disunnahkan untuk melafalkan surat Al-Qadar 3 kali dan Al-Ikhlas 12 kali. 

Membaca Istighfar Rajab

Ketika bulan Rajab, seorang Muslim juga dianjurkan untuk membaca istighfar Rajab sebanyak-banyaknya. Berikut ini bacaan istighfar Rajab dengan tulisan Arab dan artinya:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَتُبْ عَلَيَّ.

Rabbighfirlii warhamnii watub 'alayya.

Artinya: "Tuhanku, ampunilah aku, sayangilah aku, dan terimalah taubatku."

Demikianlah bacaan istighfar Rajab Rabbighfirlii warhamnii watub 'alayya dan artinya yang harus dipahami oleh seorang Muslim. Sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah dan beribadah di bulan Rajab, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan di atas. Simak juga keutamaan membaca Al-Quran di bulan Ramadan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.