Pilihan Wisata Malam di Dieng yang Bisa Dikunjungi Saat Puasa
Ilustrasi wisata Dieng malam hari (banjarnegarakab.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Wisata malam di Dieng jadi salah satu alasan mengapa kawasan tersebut banyak dikunjungi oleh masyarakat. Saat malam hari, wisatawan bisa mengunjungi beberapa tempat berikut ini. Disarankan untuk membawa pakaian hangat atau jaket karena suhu Dieng saat malam hari bisa sangat dingin.

Wisata Malam di Dieng

Beberapa tempat di Dieng ini bisa dikunjungi saat malam hari. Wisatawan akan disuguhkan pemandangan lampu yang tersebar di kota Wonosobo. Selain itu ada tempat yang menyediakan menu kuliner hangat khas Dieng.

Berikut daftar wisata malam di Dieng yang bisa dikunjungi saat puasa. 

  1. Bukit Sikunir

Seperti namanya, Sikunir adalah salah satu bukit yang ada di Dieng. Tidak hanya saat pagi hingga sore, saat malam pun Sikunir banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Di tempat ini wisatawan bisa menikmati panorama langit yang penuh bintang. Selain ini di Sikunir wisatawan juga bisa ikut tour observasi bintang yang diadakan komunitas Dieng. Jangan lupa untuk berkunjung ke warung yang ada di Sikunir.

  1. Menginap di Desa Wisata Sembungan

Ingin menginap di Dieng sambil menikmati suasana pedesaan khas Dieng? Coba kunjungi Desa Wisata Sembungan. Desa ini dikenal sebagai desa tertinggi di Jawa yang memiliki udara segar sekaligus dingin.

Saat malam hari, desa wisata ini cukup sepi namun di momen tertentu warga desa akan mengadakan acara yang berkaitan dengan tradisi dan budaya lokal. Wisatawan bisa bermalam di hotel atau homestay milik warga sekitar.

  1. Tour di Candi Arjuna

Candi Arjuna adalah candi bercorak Hindu, terletak di Datangan Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Tidak hanya bisa dikunjungi saat siang hari, candi ini juga basa dikunjungi pada malam hari. Bahkan, Candi Arjuna semakin mempesona ketika malam hari dengan sorotan lampu dan suasana yang sangat dingin membuat candi ini terlihat megah nan misterius.

  1. Mengintip Candi Bima

Jangan buru-buru pergi setelah puas dari Candi Arjuna, cobalah untuk mengintip pesona Candi Bima. Candi ini tak jauh dari komplek Candi Arjuna dengan jarak kurang lebih 900 meter.

Candi Bima punya keunikan yang tak ditemukan di candi yang ada di Indonesia terutama yang berkaitan dengan arsitekturnya. Pasalnya, candi ini punya gaya arsitektur khas India Utara dan India Selatan. Saat malam hari, candi ini tak kalah misterius dengan Candi Arjuna.

  1. Kemping di Gunung Prau

Ingin menikmati sensasi tidur di alam dengan tenda? Langsung datang ke Gunung Prau. Gunung ini banyak dikunjungi oleh para pendaki yang penat dengan suasana kota dan ingin berada di puncak. Pendakian gunung ini hanya sekitar 2 hingga 3 jam.

Di puncak Gunung Prau, pendaki bisa mendirikan tenda sambil menikmati sejuknya udara pegunungan. Selain itu pemandangan kota Wonosobo dan sekitarnya saat malam hari juga akan terlihat dari puncak.

Selain di Dieng, wisatawan disarankan untuk mengetahui destinasi wisata alam di Wonosobo yang patut dikunjungi.

Itulah beberapa wisata malam di Dieng. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.