5 Jenis Tanaman Hias Mini yang Cocok untuk Rumah Minimalis
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tanaman hias dalam ruangan punya ragam jenis manfaat seperti menyaring udara, meningkatkan kelembaban ruangan, serta menambah sentuhan alam di dalam rumah. Namun, tak semua orang memiliki ruang untuk meletakkan tanaman hias dalam ruangan. 

Nah, Anda bisa memilih salah satu dari jenis tanaman hias berukuran mini ini untuk diletakkan di sudut-sudut rumah yang membutuhkan energi hijau. Tiap tanaman punya karakteristiknya masing-masing. Tapi, menanam banyak variasi bisa jadi miniatur lanskap atau hiasan ambang jendela yang asri. 

Baby tears

Baby tears atau yang juga memiliki nama hemianthus micranthemoides. Merupakan tanaman mini yang juga memiliki daun yang kecil yang membuatnya dijuluki sebagai tanaman air mata bayi. Anda bisa menumbuhkan baby tears di terarium kecil atau di bawah cloche kaca di dalam ruangan yang tetap mendapat sinar matahari. Tanaman ini sangat menyukai kelembaban yang akan membuatnya tetap subur.

String of pearls

Tanaman sukulen memanjakan pencintanya dengan bentuk daun tanaman yang unik, salah satunya tanaman string of pearls. Bentuk daun tanaman yang bulat dan tidak biasa ini membantunya tumbuh subur di negara asal yaitu Afrika Selatan. Daun ini memaksimalkan retensi air sekaligus meminimalkan luas permukaan daun yang akan mengakibatkan hilangnya air karena penguapan. 

Kaktus anggur

Tumbuhan yang juga disebut ekor keledai ini populer dan mudah tumbuh. Daun berbentuk seperti air mata dan tumbuh turun ke bawah. Tumbuhan ini memiliki bunga yang muncul pada akhir musim panas, bunganya menggantung, berukuran kecil. Warna bunga ada yang merah, kuning, dan putih.

Air plant

Air plant biasa bertengger di cabang-cabang di lingkungan yang hangat dan lembab. Ia akan menyerap udara yang lembab menggunakan sisik yang ada pada daun runcingnya. Pasang di kayu apung, atur di keranjang, atau buat terarium mini tanpa tanah untuk meletakkan tanaman ini. Air plant tumbuh sangat lambat dan membutuhkan sedikit sinar matahari parsial. Untuk penyiraman, cukup celupkan media tanamnya ke dalam air agar tanaman tetap terhidrasi.

Wooly thyme

Tanaman ini punya wewangian aromaterapi yang menenangkan. Daunnya yang lembut dan berbulu halus, serta bunganya yang mungil sangat menggemaskan dan mudah disentuh. Tanaman ini tumbuh lambat, hanya mencapai tinggi satu inci dan merambat perlahan membentuk tikar berbulu tebal di wadah yang terkena sinar matahari penuh. Wooly thyme cukup disiram seperlunya jika permukaan tanah terasa kering jika disentuh.