Profil Annisa Pohan: Istri Menteri ATR/BPN AHY yang Sempat Populer Saat Jadi Presenter Bola
Agus Yudhoyono - Annisa Pohan (Instagram @annisayudhoyono)

Bagikan:

JAKARTA - Agus Harimurti Yudhoyono diresmikan sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pada hari ini, Rabu, 21 Februari. Ia menghadiri pelantikan bersama istrinya, Annisa Pohan dan anaknya.

Annisa Pohan dan sang anak tiba mengenakan kebaya biru muda menggandeng Agus di Istana Presiden, Jakarta Pusat. Kehadirannya menjadi sorotan di mana ia selalu mendampingi Agus Harimurti dalam berbagai kesempatan.

Berikut profil Annisa Pohan yang pernah menjadi artis dan kini menjadi istri Menteri ATR/BPN:

Annisa Pohan lahir dengan nama Annisa Larasati Pohan pada 20 November 1981. Ia adalah anak kedua dari mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Aulia Pohan dan Mulyaningsih.

Annisa lahir di Boston, Amerika Serikat dan selama masa kecilnya, ia mengikuti orang tuanya bekerja. Hingga ketika Annisa menginjak Sekolah Dasar (SD), keluarga Pohan kembali ke Indonesia dan ia mengemban pendidikan di Jakarta.

Annisa melanjutkan masa kuliah di Universitas Padjajaran, Bandung dan melanjutkan S2 di Universitas Indonesia, Depok. Dalam masa perkuliahannya, Annisa pernah menjadi penyiar di salah satu radio di Bandung, OZ.

Pada tahun 1997, Annisa Pohan menjadi salah satu finalis Gadis Sampul dan menempati juara ketiga. Ia juga mengiktui Gadis Tiara Sunsilk 2001 setelah mendapat tawaran ketika menonton konser Yovie and The Nuno.

Annisa mulai menapaki bidang presenter dengan memandu acara olahraga di stasiun televisi RCTI. Ia juga dipercaya menjadi presenter acara olahraga yang semakin populr dengan memandu La Liga dan Bundesliga.

Di tengah kepopulerannya sebagai presenter, Annisa Pohan menikah dengan Agus Harimurti Yudhoyono yang merupakan anak pertama dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden RI ke-6. Hubungan mereka menjadi sorotan mengingat saat itu SBY menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Menikah pada 2005, Annisa mengikuti Agus yang melanjutkan pendidikan master di Nanyang Technological University dan kembali setahun kemudian. Annisa juga menjadi istri prajurit dan berkomitmen mendampingi Agus.

Annisa Pohan melahirkan anak pertamanya bersama Agus pada 17 Agustus 2008 tepatnya pada Hari Kemerdekaan ke-63. Anaknya berjenis kelamin perempuan dan diberi nama Almira Tunggadewi Yudhoyono dan melahirkan dengan operasi caesar.

Pada tahun 2009, Annisa mendirikan Yayasan Tunggadewi yang berfokus dengan wanita dan anak-anak. Ia mendirikan pusat studi gratis melalui Rumah Pintar dan Jendela Dunia.

Kini ia siap mendampingi Agus Harimutri yang ditugaskan sebagai Menteri ATR/BPN di sisa masa jabatan Jokowi sebagai Presiden.