Jenis Ikan Berlemak untuk Mencegah Sakit Jantung, Stroke, dan Menurunkan Kolesterol
Ilustrasi Ikan Salmon (Caroline Attwood-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Meski semua ikan bisa jadi sumber protein, vitamin, dan mineral yang sangat berguna untuk kesehatan manusia, namun jenis ikan berlemak jadi makanan yang sangat direkomendasikan.

Ikan yang mengandung lemak ternyata dapat membantu mencegah penyakit pada jantung, stroke, hingga menurunkan kadar kolesterol.

Di situs Medical News Today dikatakan bahwa ikan berlemak punya banyak minyak atau asam lemak di semua jaringan tubuh serta rongga perutnya. Biasanya ikan dengan kandungan minyak yang tinggi ditandai dengan dagingnya berwarna lebih gelap atau berwarna merah. Sedangkan ikan dengan kandungan lemak yang tak terlalu tinggi biasanya memiliki daging warna lebih cerah.

Jenis Ikan Berlemak

Berikut ini daftar ikan berlemak yang bisa dibeli atau dijumpai di pasar Indonesia. Disarankan untuk mengonsumsi ikan yang masih segar dengan kondisi baik.

  1. Ikan Salmon

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui website remisnya menjelaskan, salmon adalah ikan dengan kandungan lemak paling tinggi yang cukup populer. Daging ikan ini berwarna oranye.  Di setiap 100 gram daging mengandung kurang lebih 1,4 gram asam lemak omega 3. Selain itu salmon juga mengandung protein dan mineral zat besi yang cukup melimpah. Salah satu manfaat sering mengonsumsi ikan salmon adalah menjaga kesehatan organ jantung.

  1. Ikan Tengiri

Ikan ini biasanya disajikan dengan cara diasap atau diolah dengan cara fillet. Ikan ini kaya akan nutrisi, termasuk mengandung omega-3 yang cukup tinggi.

  1. Ikan Kembung

Jenis ikan ini bisa dijumpai di perairan Indonesia. Seperti salmon, ikan kembung juga kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Di setiap 100 gram daging ikan kembung mengandung kurang lebih 2,6 gram omega 3. Selain itu ikan ini juga mengandung sekitar 21,4 gram protein serta 0,9 gram zat besi.

  1. Ikan Sarden

Ikan sarden banyak dijual di berbagai pasar, baik tradisional maupun supermarket. Ikan ini juga kaya akan asam lemak omega 3. Ikan yang kerap dikemas dalam bentuk kaleng ini memiliki 2,7 gram omega 3 yang berguna untuk kesehatan tubuh.

  1. Ikan Makarel

Ikan ini biasanya dijual dalam bentuk fillet atau daging tanpa tulang. Hal itu dikarenakan hasil tangkapan nelayan biasanya berukuran relatif besar sehingga pengemasannya lebih susah. Di setial 100 gram daging makarel ternyata mengandung 5,5 gram omega 3. Ikan ini cukup mudah dijumpai di berbagai market.

  1. Ikan Tuna

Di situs resmi KPP, setiap 100 gram ikan tuna tanpa tulang mengandung kurang lebih 2,1 gram omega 3. Tidak hanya itu, ikan tuna juga mengandung protein yang cukup besar serta zat yang berguna lainnya seperti kalium, vitamin B, serta selenium.

  1. Ikan Trout

Ikan trout tidak begitu familiar di telinga masyarakat. Padahal ikan ini cukup banyak mengandung omega 3 untuk kesehatan tubuh. Setiap 100 gram daging ikan trout mengandung 1,7 gram omega 3. Selain itu ikan ini juga kaya dengan protein dan berbagai mineral serta vitamin.

Selain terkait jenis ikan berlemak, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.