7 Penyebab masih Mengantuk Meski Sudah Tidur Cukup di Malam Hari
Penyebab masih mengantuk meski tidur cukup (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setiap orang disarankan untuk memiliki waktu tidur yang cukup agar bisa menjalani aktivitas dengan baik. Namun meski sudah tidur selama 7-8 jam, tidak sedikit orang yang masih mengantuk dan ingin istirahat. Lantas apa penyebab masih mengantuk meski sudah tidur cukup?

Rasa kantuk tidak hanya dialami oleh orang-orang yang kurang tidur, namun juga bisa muncul meski orang waktu istirahat yang berkualitas. Meski sudah tidur dengan jam ideal pada malam harinya, namun saat siang mereka masih mengantuk. 

Kondisi mengantuk di siang hari tentunya akan mengganggu aktivitas ketika bekerja. Selain bikin badan lemas, rasa kantuk juga membuat kurang fokus pada pekerjaan. Hal ini memang menimbulkan pertanyaan mengapa masih mengantuk meski sudah tidur cukup. 

Penyebab Masih Mengantuk Meski Sudah Tidur Cukup

Apakah Anda juga mengalami masih mengantuk meski sudah tidur cukup? Rasa kantuk ini bisa terjadi karena masalah kesehatan fisik dan mental pada orang tersebut. Meski pada malam harinya sudah tidur selama 7-8 jam, rasa kantuk bisa saja menyerang saat pagi atau siang hari. 

Jika Anda mengalami masalah ini, ketahui penyebab masih mengantuk meski sudah tidur cukup di malam hari:

Tubuh Kekurangan Cairan

Saat tubuh kekurangan cairan maka seseorang menjadi lemas karena organ tubuh bekerja ekstra menguras energi. Kurangnya asupan cairan atau dehidrasi akan membuat otak kurang fokus hingga mudah mengantuk. Jadi pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan minum air dengan cukup. 

Badan Kurang Gerak alias Mager

Badan yang tidak aktif bergerak akan mudah mengantuk dan merasa lelah. Kebiasaan mager atau jarang menggerakkan badan akan membuat tubuh tidak berenergi. Saat tubuh tidak berenergi maka seseorang akan mudah mengantuk.

Tidak Sarapan

Sarapan di pagi hari berperan penting sebagai pengisi energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Ketika seseorang melewatkan sarapan atau tidak makan pagi maka seseorang jadi kekurangan energi. Hal ini pun membuat seseorang jadi lemas dan mudah mengantuk. 

Sleep Apnea

Penyebab masih mengantuk meski tidur cukup juga mungkin dipengaruhi karena kondisi yang terjadi saat terlelap di malam harinya. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan hal itu adalah sleep apnea. 

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang terjadi ketika nafas berhenti sementara di saat tertidur. Kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab Anda masih mengantuk di siang hari meskipun malamnya sudah tidur dengan cukup. 

Restless Legs Syndrome

Restless legs syndrome adalah kondisi yang terjadi karena sensasi tidak nyaman di area kaki, sehingga mengganggu kualitas tidur di malam hari. Hal ini bisa jadi penyebab seseorang masih mengantuk meski sudah tidur lama di malam hari. 

Narkolepsi

Narkolepsi menjadi salah satu gangguan tidur yang ditandai dengan munculnya rasa ngantuk secara tiba-tiba. Hal ini bisa membuat seseorang tertidur dengan sendirinya secara mendadak. Saat mengalami kondisi ini, biasanya orang juga merasakan tubuhnya seolah lumpuh atau tidak bisa bergerak. 

Narkolepsi merupakan gangguan tidur yang termasuk taraf kronis, sehingga perlu diwaspadai. Jadi rasa kantuk di siang hari meski sudah tidur cukup mungkin disebabkan karena gangguan narkolepsi. 

Kelelahan Kronis

Rasa mengantuk berat juga bisa disebabkan karena kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome. Kondisi ini membuat seseorang kerap merasa lesu, lemas, lelah, hingga mengantuk. 

Biasanya kelelahan kronis ini diikuti dengan gejala nyeri otot dan susah berkonsentrasi dalam waktu lama. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab seseorang masih mengantuk di siang hari meski sudah tidur cukup atau lama di malam harinya. 

Demikianlah beberapa penyebab masih mengantuk meski sudah tidur cukup. Rasa kantuk bisa muncul di siang hari meski malam harinya Anda tidur dalam waktu lama. Baca juga kenapa banyak tidur bikin badan lemas

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.