6 Tips Menghilangkan Rasa Takut Naik Pesawat, Coba Terapkan saat Terbang
Tips menghilangkan rasa takut naik pesawat (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Naik pesawat masih jadi pengalaman yang menakutkan bagi tidak sedikit orang. Selain karena phobia ketinggian, beberapa orang takut naik pesawat karena khawatir berada di dalam ruang sempit dan membayangkan risiko buruk yang menimpa. Jika Anda salah satunya, ada sejumlah tips menghilangkan rasa takut naik pesawat yang perlu Anda tahu. 

Padahal pesawat termasuk transportasi paling aman dibandingkan moda transportasi lain seperti kereta, bus, atau kapal. Namun sebagian orang masih khawatir dan takut ketika diminta untuk naik pesawat. Apalagi ketika mereka baru pertama kali naik transportasi udara ini. 

Tentu saja ketakutan naik pesawat ini bisa mengganggu jika Anda butuh bepergian menggunakan transportasi udara. Jika Anda berencana pergi keluar kota atau luar negeri, maka perlu mengetahui tips menghilangkan rasa takut naik pesawat agar tidak khawatir dan cemas.

Tips Menghilangkan Rasa Takut Naik Pesawat

Pada waktunya setiap orang mungkin akan merasakan naik pesawat. Mau tidak mau, bepergian menggunakan pesawat akan dibutuhkan baik untuk urusan pekerjaan, liburan, maupun keperluan bisnis. Oleh karena itu, jika Anda termasuk orang yang takut naik pesawat maka harus mulai mencoba mengatasinya. 

Berikut ini beberapa cara menghilangkan rasa takut naik pesawat yang perlu Anda tahu:

Pahami Dulu Penyebab Rasa Takut Naik Pesawat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi rasa takut naik pesawat adalah mengenali terlebih dahulu penyebabnya. Ada berbagai faktor yang membuat seseorang takut naik pesawat, seperti phobia ketinggian, tidak nyaman berada di ruang sempit, hingga khawatir terjadi kecelakaan. 

Anda perlu mengetahui apa penyebab munculnya rasa takut ketika akan naik pesawat. Setelah mengetahui pemicu kekhawatiran Anda, maka Anda bisa memikirkan solusi untuk mengatasinya. Misalnya jika Anda takut ketinggian, maka sebaiknya jangan memilih tempat duduk dekat jendela dan hindari melihat keluar kaca.

Mengenali Kondisi Turbulensi

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa takut naik pesawat adalah memahami konsep turbulensi. Turbulensi adalah keadaan ketika terjadi perubahan kecepatan dan tekanan aliran udara secara drastis. Pesawat yang lepas landas dan mulai terbang akan mengalami turbulensi yang menyebabkan guncangan. 

Guncangan yang terjadi pada pesawat sering membuat penumpang kaget dan khawatir, terlebih bagi Anda yang baru pertama kali naik pesawat. Namun Anda tidak perlu cemas karena turbulensi adalah kondisi yang wajar terjadi pada pesawat. Pesawat telah dirancang khusus untuk menghadapi dan meminimalkan turbulensi.

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Cara lainnya yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan ketakutan naik pesawat adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri. Anda harus membangun kepercayaan diri Anda sebelum naik ke dalam ruang pesawat hingga ketika sudah lepas landas. 

Ketika naik pesawat, Anda harus selalu berpikir positif dan menjaga ketenangan hati. Percayakan penerbangan pada pilot yang akan mengantarkan Anda sampai tujuan. Tenang saja, karena pilot yang menerbangkan pesawat Anda adalah petugas-petugas yang profesional dan sudah berpengalaman. 

Mengendalikan Pikiran Negatif

Kendalikan pikiran negatif Anda ketika akan naik pesawat untuk bepergian ke kota lain atau ke luar negeri. Pikiran negatif memang mudah menghantui dan meningkatkan rasa takut Anda saat naik pesawat. 

Jadi buang semua bayangan negatif dari pikiran Anda, lalu berfokuslah memikirkan hal-hal positif. Hilangkan pikiran mengenai kecelakaan pesawat, badai petir, dan hal-hal buruk lainnya. Selalu bayangkan Anda bahagia bisa naik pesawat dan terbang untuk melakukan tujuan baik. 

Melakukan Aktivitas saat Di Dalam Pesawat

Untuk mengalihkan rasa takut saat di dalam pesawat, sebaiknya Anda melakukan aktivitas di tempat duduk. Anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan yang bisa menghilangkan kecemasan dan kekhawatiran. Misalnya, menonton film, membaca buku, mendengar podcast, dan sebagainya. 

Fokus Pada Tujuan Perjalanan

Tips terakhir yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan rasa takut naik pesawat adalah fokus pada tujuan perjalanan Anda. Dengan membayangkan lokasi yang Anda tuju, maka bisa mengalihkan rasa cemas dan khawatir. Pikirkan bahwa akan sampai tujuan dengan rasa senang, kemudian melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah Anda rencanakan. 

Demikianlah beberapa tips menghilangkan rasa takut naik pesawat yang perlu Anda tahu. Jika Anda termasuk orang yang takut naik pesawat, maka coba terapkan beberapa cara di atas. Baca juga tips tidur pulas di pesawat

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.