Aturan Minum Susu Bayi Prematur Menggunakan Susu Formula
Aturan Minum Susu Bayi Prematur (Gambar Hu Chen-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Memiliki bayi prematur bukanlah hal yang mudah. Apalagi kalau dia diberikan susu formula. Tentunya harus memperhatikan beberapa aturan minum susu bayi prematur.

Biasanya susu formula bakal diberikan pada bayi prematur karena sang ibu mempunyai kendala dalam produktivitas air susu ibu (ASI), atau mempunyai kondisi medis tertentu yang membuat tidak memungkinkan untuk memberikan ASI. Namun pemilihan susu formula wajib disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi bayi prematur. Ditambah lagi aturannya berbeda, seperti apa aturannya? Simak ulasan di bawah ini.

Aturan Minum Susu Bayi Prematur

  1. Ibu bayi mesti selalu cuci tangan dengan air serta sabun sebelum mempersiapkan susu buat bayi.
  2. Mencuci ulang perlengkapan botol bayi serta siram dengan air panas.
  3. Air panas yang digunakan buat melarutkan susu bayi hendaknya dibiarkan dahulu pada suhu ruangan supaya sama suhunya dengan suhu ruangan.
  4. Tuang 60 ml air tersebut ke dalam botol susu, tambahkan 1 scoop susu (memakai sendok dalam kemasan ataupun setara dengan 1 sendok makan+1 sendok teh susu). Pelarutan ini bakal menghasil susu dengan 20 kcal/30 ml.
  5. Bayi prematur biasanya membutuhkan minum tiap 2-3 jam sekali. Kebutuhan kalori bayi di minggu awal berkisar antara 100-120 kcal/kgBB/hari. Sehingga mudahnya 120x2kg/12 kali pemberian= 20 kcal/pemberian. Kalian dapat memberikan 30 cc susu yang telah dilarutkan tersebut setiap kali anak minum.
  6. Kebutuhan bayi bakal bertambah untuk dapat mengejar peningkatan berat badan sampai 150 kcal/kgBB/hari. Amati pula toleransi anak tiap kali minum, buat balita prematur serta berat badan kurang(<2500 gr) umumnya bakal dimulai dengan volume kecil terlebih dahulu kemudian amati setelahnya apakah ada muntah, kembung, ataupun pola BAB yang berganti.
  7. Sesudah toleransi baik, umumnya bayi bisa diberikan dalam volume yang lebih banyak kapanpun bayi merengek lapar.
  8. Susu kaleng yang telah dibuka cuma bertahan 1 bulan apabila ditaruh di tempat yang sejuk serta dihindarkan dari paparan matahari langsung.
  9. Susu dalam botol cuma bertahan 1 jam di suhu ruangan. Apabila ditaruh di dalam kulkas bisa bertahan 24 jam. Apabila mau memberikan susu yang dari dalam kulkas, bisa letakkan botol di dalam air hangat sampai temperatur susu di botol sesuai dengan suhu ruangan.

Jenis Susu Bayi Prematur

Bila bayi prematur tidak bisa diberikan ASI, dokter mungkin bakal menganjurkan pemakaian susu formula buat bayi prematur selaku alternatif. Berikut ini merupakan beberapa ragam susu formula yang bisa diberikan buat bayi prematur:

1. Preterm Formula

Preterm formula ataupun susu formula buat bayi prematur boleh diberikan, terutama buat bayi prematur yang lahir dengan umur kehamilan kurang dari 32 minggu, ataupun berat badan lahir kurang dari 1.500 gr.

Susu ini memiliki kalori, protein, lemak, dan vitamin serta mineral yang lebih besar dibandingkan susu formula bayi pada umumnya. Bermacam nutrisi tersebut ditambahkan buat menunjang serta mengejar laju tumbuh kembang bayi prematur, supaya dapat mendekati ataupun menyerupai bayi yang lahir cukup bulan.

2. Post-discharge Milk

Sehabis bayi prematur diperbolehkan keluar dari rumah sakit, dokter mungkin bakal merekomendasikan pemberian susu formula khusus buat beberapa bulan pertama sepanjang bayi di rumah. Susu formula ini disebut post-discharge milk.

Susu formula buat bayi prematur tipe ini mempunyai isi nutrisi yang lebih kaya daripada susu formula biasa. Post-discharge milk bisa terus diberikan sampai bayi prematur siap buat minum susu formula biasa.

3. Regular Formula

Bayi prematur yang lahir di usia kandungan 34–36 pekan bisa diberikan susu formula biasa ataupun susu formula transisi. Pastinya pemberian susu formula ini wajib bersumber pada anjuran dari dokter.

Bayi prematur yang mempunyai permasalahan pencernaan ataupun alergi terhadap protein susu sapi dapat mengkonsumsi susu formula yang dibuat dari kacang kedelai ataupun susu soya. Susu ini memiliki protein ataupun asam amino yang berisiko lebih rendah buat mengakibatkan reaksi alergi serta bebas laktosa.

Untuk menambah wawasan lagi, kalian juga bisa membaca “tips memberikan ASI untuk bayi lahir prematur” agar makin maksimal dalam perawatannya.

Jadi setelah mengetahui aturan minum susu bayi prematur, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!