8 Remedi Terbaik untuk Bantu Hilangkan Kecemasan, Alami Tanpa Obat
Ilustrasi (Liza Summer/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda hidup dengan kecemasan, ada pilihan alami yang dapat dicoba untuk menurunkan tingkat stres dan meningkatkan keterampilan mengatasi masalah. Beberapa pengobatan alami mengatasi kecemasan ini melibatkan pemenuhan tubuh akan vitamin. Namun sebagian besar mencakup perubahan dalam beberapa rutinitas dan kebiasaan Anda.

Berikut beberapa pilihan membantu meredakan kecemasan secara alami yang disadur dari Psych Central, Rabu, 13 Desember.

Olahraga

Aktivitas fisik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Baik itu jalan santai atau lari satu mil, penelitian menunjukkan bahwa olahraga membantu mengurangi gejala kecemasan. Terutama bila dikombinasikan dengan psikoterapi dan dalam beberapa kasus, dengan pengobatan.

Lantas, bagaimana olahraga bantu atasi rasa cemas? Pertama, olahraga mengalihkan pikiran dari hal-hal penyebab kecemasan. Yang lebih penting lagi, aktivitas fisik dapat meningkatkan endorfin atau dikenal ‘hormon bahagia’.

Endorfin merupakan pereda nyeri alami dan juga mampu meningkatkan suasana hati. Endorfin membantu Anda tidur lebih nyenyak dan memiliki pandangan positif. Sehingga gejala kecemasan pun bisa diminimalisir. Jika tidak menyukai olahraga berat, coba lakukan yoga yang juga sudah terbukti mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Kurangi kafein

Kafein adalah stimulan dan konsumsi kafein saat cemas hanya akan membuat Anda merasa lebih gelisah. Kafein juga bisa sebabkan gejala fisik seperti peningkatan detak jantung dan tubuh gemetar. Yang mana bisa membuat penderita gangguan kecemasan mengira sedang mengalami serangan panik.

Penelitian juga menunjukkan bahwa, kafein dapat meningkatkan gejala kecemasan pada sebagian orang yang mengidap gangguan kesehatan mental. Jika Anda terbiasa minum kafein dalam jumlah besar, ada baiknya membatasi asupan ini secara perlahan.

Batasi atau berhenti merokok

Nikotin dan bahan kimia lain dalam asap rokok terbukti mengubah jalur di otak yang berkaitan dengan kecemasan. Sebuah studi tahun 2013 juga menunjukkan bahwa semakin dini Anda mulai merokok, semakin tinggi peluang terkena gangguan kecemasan di kemudian hari.

Lebih banyak tertawa

Humor dan tawa dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, termasuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Tertawa dan humor dapat membantu mengurangi kadar hormon stres, termasuk kortisol, dopamin, dan epinefrin. Pada saat yang sama, hal ini dapat meningkatkan produksi endorfin.

Tertawa juga meningkatkan jumlah sel penghasil antibodi dan membantu mengembalikan fokus ke masa kini. Sehingga Anda bisa mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran yang mengganggu dan kecemasan masa depan. Faktanya, terapi tertawa telah terbukti menenangkan kecemasan secara alami.

Vitamin D

Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup vitamin D, kadar serotonin akan menurun. Serotonin merupakan hormon mood booster yang dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan fokus.

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat dikaitkan dengan penyebab gangguan kecemasan dan depresi. Sebelum konsumsi vitamin D, alangkah baiknya Anda melakukan tes darah guna lebih memastikan.

Cara terbaik meningkatkan kadar vitamin D selain minum vitamin yaitu dengan menghabiskan waktu di luar ruangan. Anda bisa mendapatkan sinar matahari selama 15 hingga 30 menit, setidaknya 4 kali seminggu jika memungkinkan. Cara alami lainnya untuk meningkatkan vitamin D termasuk mengonsumsi ikan berlemak dan jamur.

Magnesium

Magnesium merupakan mineral penting dalam tubuh manusia. Ini berperan dalam lebih dari 300 reaksi enzim dan membantu menjaga fungsi otot dan saraf, tekanan darah, serta sistem kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian menemukan bahwa suplemen magnesium dapat membantu mengurangi gejala kecemasan, termasuk yang berkaitan dengan PMS. Seperti halnya vitamin D, cek terlebih dahulu kadar magnesium sebelum mengonsumsinya.

Anda bisa mendapatkan magnesium secara alami dengan mengonsumsi:

  • gandum utuh
  • kacang hitam
  • bayam
  • biji gandum
  • almond
  • kacang mete
  • dark chocolate

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen, tetapi perlu berkonsultasi dengan ahli kesehatan terlebih dahulu. Beberapa suplemen dapat menyebabkan efek samping seperti kantuk dan diare. Profesional dapat memberitahu Anda tambahan magnesium terbaik dan berapa banyak yang harus dikonsumsi guna mencegah efek samping.

Asam lemak omega-3

Lemak omega-3 berperan penting dalam kesehatan otak secara keseluruhan. Namun tubuh tidak memproduksinya sendiri. Sebaliknya, asam lemak omega-3 didapat dari makanan seperti ikan atau biji rami. Penelitian meta-analisis tahun 2018 dan studi review tahun 2018, menemukan bahwa omega-3 dalam bentuk suplemen minyak ikan dapat bantu redakan kecemasan.

Vitamin B kompleks

Vitamin B yaitu sekelompok delapan nutrisi berbeda yang bekerja sama di dalam tubuh mengatur proses tubuh, termasuk respons stres.

Kebanyakan orang bisa mendapatkan cukup vitamin ini melalui berbagai makanan. Namun jika Anda seorang vegetarian atau vegan, kemungkinan akan lebih sulit mendapatkan vitamin B12 dan B2 (riboflavin).

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa orang dengan kadar vitamin B12 rendah dalam darah lebih cenderung mengalami gangguan kecemasan atau depresi. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu mempertimbangkan menambah vitamin ini dalam makanan harian.