6 Cara Mengatasi <i>Trust Issue</i> pada Hubungan, Baik Relasi Cinta hingga Rekan Kerja
Ilustrasi cara mengatasi trust issue pada hubungan (Freepik/rawpixel.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam hubungan apapun, kepercayaan penting untuk dibangun. Baik hubungan antara dua pasangan cinta, hingga kepercayaan bagi rekan kerja maupun pertemanan. Kepercayaan, menentukan bagaimana kelanggengan dan hubungan yang sehat terbangun. Bagi orang yang pernah mengalami beberapa jenis pengkhianatan, mungkin mengalami trust issue. Untuk mengembangkan cara memperbaiki kepercayaan, baik dalam hubungan percintaan, rekan kerja, dan persahabatan, berikut langkah-langkahnya.

1. Bangun kepercayaan secara perlahan

Membangun kepercayaan, selama belum trust issue berpengaruh signifikan, tak ada tenggat waktu. Tetapi penting dipahami, mempercayai orang lain berarti mengizinkan mereka masuk ke dalam hidup Anda. Dalam beberapa kasus, Anda juga perlu memaafkan kesalahan mereka. Cara membangun kepercayaan, cobalah meluangkan waktu dengannya. Kadang cara ini sangat membantu.

2. Bicarakan tentang masalah kepercayaan

Bagi orang yang memiliki trust issue, sering kali merasa perlu kendali. Hal ini terkadan bermanifestasi sebagai perilaku ketidakpercayaan. Pada masa lalu, mungkin Anda pernah merasa dikhianati atau dimanfaatkan. Situasi ini membutuhkan kendali. Kalau tanpa kendali, akan merusak hubungan dalam jangka panjang. Maka penting mempelajari seberapa besar kendali yang harus Anda berikan dalam situasi tertentu untuk kembali membangun kepercayaan dengan orang lain.

cara mengatasi trust issue pada hubungan
Ilustrasi cara mengatasi trust issue pada hubungan (Freepik/Drazen Zigic)

3. Jadikan kepercayaan sebagai prioritas

Mempercayai orang lain bisa jadi sulit apalagi penting untuk membangun kepercayaan dalam jenis hubungan apapun. Meskipun sulit, Anda perlu membangun kepercayaan sebagai prioritas terlebih dahulu. Mengikuti proses membangun kepercayaan, Anda bisa membangun hubungan yang sehat pula.

4. Menjadi orang yang dapat dipercaya

Jika Anda mencoba membangun kepercayaan dengan orang lain, Anda harus bersedia mempercayai mereka terlebih dahulu. Ini berarti bersikap terbuka tentang perasaan, pendapat, pemikiran, dan batasan Anda. Selain itu, penting pengertian ketika seseorang merusak kepercayaan. Dengan begitu, Anda paham betul bahwa semua orang pernah melakukan kesalahan. Tetapi penting untuk menyeimbangkan kepercayaan dan pengertian supaya hubungan antarpribadi yang terbangun tetap sehat.

5. Bedakan antara kepercayaan dan kontrol

Orang dengan masalah kepercayaan, kerap membutuhkan kontrol. Di samping mulai membangun kepercayaan, perlu juga membedakan antara rasa percaya dan kontrol. Jangan sampai kepercayaan salah dimaknai sebagai cara mengontrol. Karena kepercayaan bukan mengendalikan perilaku tetapi bagaimana seseorang berkomitmen untuk berperan proaktif dalam melaksanakan tugasnya.

6. Pertimbangkan terapi

Terapi dapat membantu untuk mengatasi masalah kepercayaan. Melansir VerywellMind, Senin, 4 Desember, aliansi terapeutik yang dibentuk dengan terapis bisa jadi alat ampuh untuk mempelajari cara mempercayai orang lain. Dengan terapi bersama ahli kesehatan mental berpengalaman, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang keterampilan baru dalam mengatasi masalah yang akan membantu mulai membangun kembali kepercayaan dalam hubungan.

Langkah strategis dan bijak, salah satu cara terbaik mengatasi trust issue dan mempraktikkan kepercayaan adalah dengan mempercayai diri sendiri. Ini tidak berarti Anda tidak boleh mempertanyakan diri sendiri dan pilihan Anda. Tetapi lebih pada membangun kesadaran diri yang lebih kuat sehingga membantu memandu penilaian dan interaksi yang sehat dengan orang lain.