7 Wisata Nyaman untuk Anak di Jabotadebek, Piknik Asyik Bareng Si Kecil
Tempat wisata nyaman untuk anak di Jabodetabek (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada sejumlah tempat wisata nyaman untuk anak di Jabodetabek yang bisa dipilih para orang tua. Bagi Anda yang tinggal di ibukota, tidak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk mengajak anak liburan atau rekreasi. Anda bisa memilih berbagai tujuan mulai dari wisata edukasi, waterboom, taman outdoor, dan wahana-wahana lainnya. 

Sesekali orang tua perlu rekreasi bersama anak di waktu weekend atau hari libur supaya si kecil tidak bosan di rumah. Selain itu, liburan bareng anak juga bermanfaat meningkatkan kedekatan orang tua dengan buah hati. Lantas mana saja tempat wisata nyaman untuk anak di Jakarta yang seru sekaligus jadi tempat belajar bagi buah hati?

Rekomendasi Wisata Nyaman untuk Anak di Jabodetabek

Terdapat pilihan tempat wisata keluarga di Jakarta yang bisa dikunjungi bersama anak-anak. Wahana-wahana yang disediakan di tempat wisata anak pun juga sangat beragam, sehingga buah hati bisa seru-seruan dan mengeksplorasi banyak hal. 

Bagi Anda dan pasangan yang tengah mencari wisata nyaman untuk anak di Jakarta, berikut ini beberapa rekomendasinya:

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sudah sangat populer sebagai pilihan tempat wisata keluarga di Jakarta. Area wisata yang mengusung tema budaya Indonesia ini sangat cocok untuk anak-anak bermain sembari belajar. 

Tempat wisata yang berlokasi di menyajikan Cipayung, Jakarta Timur ini menyediakan berbagai jenis layanan dan fasilitas yang menarik. Di kompleks TMII yang sangat luas, anak-anak bisa mencoba berbagai wahana mulai dari Danau Air Tawar & Dunia Serangga, Taman Burung, Museum Fauna Indonesia Komodo, Taman Reptilia, Istana Anak-Anak Indonesia, dan lainnya. 

WoWzonia

Rekomendasi wisata untuk anak di Jakarta selanjutnya adalah WoWzonia. Tempat wisata ini yang berada di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan ini menyajikan wahana permainan dengan konsep unik di dalam ruangan atau indoor. Jadi anak-anak bisa bermain dengan puas tanpa khawatir terkena panas matahari. 

Di tempat bermain WoWzonia, anak-anak dapat menjajal wahana unik, seperti kapal bajak laut dan space ball konsep glow in the dark, mini-golf berbentuk dinosaurus, ruang balon, trampolin, jembatan gantung, seluncuran, dan lainnya.

Kidzania

Kidzania juga menjadi andalan untuk wisata nyaman anak di Jakarta yang bisa dikunjungi para orang tua. Tempat wisata anak yang satu ini menyajikan konsep edutainment, sehingga Anda bisa mengajak anak bermain sambil belajar. Kidzania berlokasi di Pacific Place, Jakarta Selatan dan dibuka untuk anak mulai usia 2 tahun hingga orang dewasa. 

Kidzania menghadirkan tempat bermain ramah anak dengan konsep menyerupai mini town. Wahana bermain ini tidak hanya menawarkan keseruan, namun juga mengajak anak untuk belajar banyak hal. Di tempat ini, buah hati Anda bisa merasakan pengalaman mengenal dan mempraktikkan beragam profesi, mulai dari pemadam kebakaran, koki, penyiar, pilot, dan lainnya.

Houbii Urban Adventure Park

Jika anak Anda suka bermain petualangan, sebaiknya ajak ke Houbii Urban Adventure Park. Tempat wisata anak ini menyediakan 12 area bermain dan trampoline yang bakal memberikan pengalaman seru bagi si kecil. Buah hati Anda bisa mencoba wahana, mulai dari trampolin, deep foam pits, panjat tebing free run zone, hingga extreme slide board setinggi 5 meter. 

Meski wahana permainannya terbilang menantang, orang tua tidak perlu khawatir karena di sini sudah ada para petugas yang mengawasi dan menjaga anak-anak selama bermain. Houbii Urban Adventure Park berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, dan buka dari jam 10.00-20.00 WIB. 

The Playground

The Playground hadir sebagai tempat wisata anak dengan beragam wahana, mulai dari untuk anak usia bayi hingga 10 tahun. Tempat bermain yang berlokasi di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, menawarkan berbagai layanan yang membantu mengasah kemampuan motorik dan fisik si kecil. 

Di tempat ini, anak-anak bisa merasakan keseruan bermain perosotan air dengan alat penyiraman, lintasan sepeda dan rollerblade, area pesta ulang tahun, lapangan basket, dan lainnya. Selain itu, tempat ini juga menyediakan saung untuk bersantai dan lapangan tenis yang bisa disewa untuk umum.

Pinisi Science & Edutainment Park

Rekomendasi wisata nyaman anak di Jakarta selanjutnya adalah Pinisi Science & Edutainment Park. Tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi orang tua yang ingin mengenalkan budaya Indonesia kepada buah hatinya. Tempat ini mengusung konsep edutainment atau bermain sambil belajar. 

Pinisi Science & Edutainment Park berlokasi di Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan. Anda bisa mengajak anak ke sini untuk belajar budaya atau kesenian dari berbagai daerah di tanah air. Buah hati Anda dapat ikut belajar membatik, menari tradisional, memainkan wayang, dan lainnya. 

Fanpekka

Fanpekka juga bisa menjadi pilihan tempat bermain anak yang seru di Jakarta. Berlokasi di dalam AEON Mall Jakarta Timur, tempat wisata untuk anak ini menyediakan beragam wahana yang menghibur dan mengedukasi anak-anak. 

Fanpekka menghadirkan wahana bermain dengan konsep 3 area berbeda, yaitu Forest, Town, dan Ocean. Setiap area menyajikan permainan interaktif, seperti di zona Ocean terdapat area bermain menyerupai pantai dengan pasir buatan. Di zona Forest, anak-anak bisa bermain menggunakan balok-balok kayu.

Demikianlah beberapa wisata nyaman anak di Jabodetabek yang bisa dikunjungi para orang tua saat akhir pekan atau hari libur. Sejumlah tempat bermain anak di atas menyediakan berbagai wahana yang bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil, mulai dari stimulus fisik si kecil, melatih keterampilan, menambah wawasan, hingga mendorong buah hati bersosialisasi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.