Menghargai Diri Sendiri Bukan Egois, Kenali Cara dan Alasan Kenapa Perlu Mengembangkannya
Ilustrasi cara menghargai diri sendiri dan alasan kenapa perlu mengembangkannya (Freepik/user1856052)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dengan menghargai diri sendiri, dapat membantu membangun batasan sehat, jauh dari pikiran negatif, dan mempraktikkan self-care atau perawatan diri. Mengembangkan harga diri, bukan bersikap egois. Karena harga diri digambarkan sebagai kemampuan untuk memvalidasi atau menegaskan dirinya sendiri bahkan saat mengalami keragu-raguan.

Mengembangkan self-respect, berarti mempertahankan keyakinan inti dan menghargai diri sendiri dengan afirmasi. Harga diri, dilansir MasterClass, Senin, 20 November, memengaruhi hubungan Anda dengan diri sendiri dan orang lain sehingga membentuk hubungan yang sehat. Kadang tanpa disadari, orang mengalami sindrom penipu atau imposter syndrome yang lebih suka menyenangkan orang lain, negative self-talk, dan tidak otentik. Untuk mencegah kebiasaan buruk tersebut, self-respect penting dikembangkan.

Dengan mengembangkan harga diri, maka bermanfaat untuk membangun kepercayaan baik pada diri sendiri maupun dapat dipercaya orang lain, menemukan kedamaian batin, dan memiliki pedoman nilai yang kuat dalam menghadapi situasi sulit. Self-respect juga mendukung kesehatan mental, karena harga diri rendah berdampak buruk pada mental. Untuk mengembangkan harga diri, berikut lima tipsnya.

1. Bersama support system

Anda tentu memiliki sekelompok pertemanan yang sehat sekaligus support system. Bersama mereka, tentu akan menghargai dan mencintai Anda secara otentik. Ketika Anda lebih dihargai dan diperhatikan, maka akan membawa kebiasaan besar serta berpengaruh positif secara mental.

cara menghargai diri sendiri dan alasan kenapa perlu mengembangkannya
Ilustrasi cara menghargai diri sendiri dan alasan kenapa perlu mengembangkannya (Freepik)

2. Berlatih hal-hal yang membuat Anda bahagia

Misalnya Anda suka berlatih yoga, mendaki gunung, atau memasak makanan buatan sendiri. Dengan melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia, maka dapat mengaktifkan diri Anda yang sebenarnya. Artinya, luangkan waktu untuk melakukan aktivitas menyenangkan agar Anda merasa menjadi diri Anda sendiri yang terbaik.

3. Prioritaskan self-care

Anda perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri setiap hari dan manjakan diri sesuai kebutuhan untuk meningkatkan kesejahteraan. Baik itu spa atau menelepon orang terkasih, semua hal positif memungkinkan Anda memulihkan tenaga dan menjadi diri terbaik untuk maju.

4. Hilangkan hal-hal negatif dari hidup Anda

Anda mungkin perlu mengakhiri atau mengubah relasi dengan orang-orang yang tidak memiliki pandangan positif. Pun saat mengerjakan tugas yang tidak sejalan dengan nilai-nilai Anda, maka Anda bisa menolaknya.

5. Tulis afirmasi untuk diri sendiri

Anda tentu memiliki daftar hal yang disukai dari diri sendiri. Anda juga bisa mencatatnya sebagai afirmasi sehingga memberi sesuatu yang positif di masa-masa sulit.

Itulah kelima cara mengembangkan harga diri secara sederhana. Anda bisa membuat cara di atas sebagai kebiasaan atau rutinitas positif sehari-hari.