7 Cara Meningkatkan Suasana Hati Tanpa Mengeluarkan Biaya
Ilustrasi cara meningkatkan suasana hati tanpa mengeluarkan biaya (Freepik/benzoix)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Rasa kecewa atau mengalami hari sedikit frustasi, bisa merusak perasaan baik. Bahkan bisa membuat Anda jadi pemarah dan tidak tertarik menyelesaikan tugas. Hal ini normal dialami, namun suasana hati yang buruk perlu segera diredakan supaya tidak memburuk. Anda bisa fokus melakukan cara berikut ini untuk meningkatkan suasana hati tanpa mengeluarkan biaya.

1. Berjalan-jalan di taman

Jalan-jalan singkat ke taman terdekat atau ruang hijau lainnya, bisa banyak membantu menghilangkan suasana hati yang buruk. Faktanya, berjalan-jalan di alam bisa meningkatkan produksi hormon bahagia. Jika Anda sedikit murung pada sore hari atau menjelang malam, bisa berjalan cepat selama 10 menit untuk meningkatkan aliran darah ke otak dan memberi energi. Dengan jalan kaki, hormon endorfin akan dilepaskan sehingga menghalau stres, rasa sakit, dan ketidaknyamanan.

Berjemur matahari juga bisa membantu meningkatkan suasana hati Anda. Anda bisa berjemur selama 10-15 menit di bawah sinar matahari pagi. Manfaatnya membantu Anda lebih berenergi dan mendukung pelepasan serotonin untuk membantu tetap fokus.

cara meningkatkan suasana hati tanpa mengeluarkan biaya
Ilustrasi cara meningkatkan suasana hati tanpa mengeluarkan biaya (Freepik)

2. Habiskan banyak waktu di alam

Menghabiskan banyak waktu di alam tidak hanya dapat meningkatkan perasaan bahagia dan mengurangi stres. Tetapi juga membantu meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus. Fokus adalah kunci meningkatkan suasana hati, ini membuat Anda juga lebih mudah menyelesaikan sesuatu.

3. Tertawa

Tertawa dapat membantu meredakan ketegangan dan membuat semua orang merasa lebih berenergi. Terutama tertawa bersama rekan-rekan Anda. Tertawa juga berpengaruh pada meredakan cemas serta stres. Melansir Healthline, Minggu, 29 Oktober, memaksakan tertawa mungkin bisa dilakukan pada awalnya. Bisa juga dibantu dengan melihat video lucu, video binatang yang menggemaskan, membaca tulisan komedi, dan lainnya.

4. Menghirup aroma harum

Indra penciuman dapat berkaitan langsung dengan amigdala, bagian otak yang membantu mengatur emosi. Itu sebabnya, aroma yang memicu kenangan positif atau nostalgia sering membantu meredakan ketegangan dan kecemasan. Hubungan antara otak dan indera penciuman juga dapat membantu menjelaskan mengapa hal-hal yang berbau harum dapat membuat Anda merasa nyaman.

cara meningkatkan suasana hati tanpa mengeluarkan biaya
Ilustrasi cara meningkatkan suasana hati tanpa mengeluarkan biaya (Freepik)

Salah satu caranya dengan menghirup aromaterapi atau minyak esensial. Namu Anda tidak perlu membelinya. Anda mungkin sudah memiliki wewangian yang membantu meningkatkan suasana hati di rumah, misalnya dari sabun, losion, mencium aroma bunga yang sedang mekar di halaman rumah, atau mencium aroma bumbu dapur seperti kayu manis atau vanilla. Bisa juga menghirup aroma teh ataupun lemon.

5. Peluk diri sendiri

Sangat wajar untuk meminta dukungan fisik dan emosional kepada orang-orang dalam hidup Anda ketika menghadapi suasana hati yang buruk dan frustrasi lainnya. Anda bahkan mungkin sudah mengetahui bahwa pelukan dan kasih sayang fisik lainnya dapat memberi isyarat pada tubuh Anda untuk melepaskan oksitosin dan membantu Anda merasa lebih dekat dengan orang yang Anda cintai. Pelukan yang suportif tampaknya merupakan hal yang Anda perlukan untuk mengubah suasana hati Anda.

Namun jika tidak ada seorang pun di sekitar Anda yang melakukan hal tersebut, memeluk diri sendiri mungkin bisa membantu. Memberi sentuhan juga dapat meredakan perasaan stres, membantu Anda merasa aman dan rileks. Hal ini juga dapat meningkatkan rasa welas asih dan kebaikan diri sendiri, yang keduanya dapat membuka jalan menuju suasana hati yang lebih positif.

cara meningkatkan suasana hati tanpa mengeluarkan biaya
Ilustrasi cara meningkatkan suasana hati tanpa mengeluarkan biaya (Freepik/stockking)

6. Memutar lagu

Melodi yang ceria bisa memberi Anda keceriaan dan energi baru. Anda juga dapat sedikit bergoyang sambil bernyanyi riang. Dengan mendengarkan lagu, bisa membantu mengalihkan perhatian Anda pada tugas-tugas berat. Faktanya, mendengarkan musik juga meningkatkan kemampuan mengatur emosi dan suasana hati, meredakan stres dan ketegangan, mengurangi kecemasan, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan fokus.

7. Ngobrol bersama orang-orang tercinta

Kalau Anda melewati hari yang panjang dan melelahkan, Anda bisa menutup hari dengan ngobrol bersama orang-orang tercinta. Bahkan hanya ngobrol 5 menit, dengan pasangan, sahabat, atau keluarga tersayang dapat membangkitkan semangat Anda. Ini juga membantu menghilangkan suasana hati yang suram, gugup atau khawatir, dan ketegangan emosional lainnya.

Itulah ketujuh cara meningkatkan suasana hati tanpa mengeluarkan banyak biaya. Adakah yang sudah sering Anda lakukan dan berefek besar meningkatkan suasana hati Anda?