Hampir 25 Tahun Akting, Song Kang Ho Belum Ada Niat Jadi Sutradara
Song Kang Ho (Barunson E&A)

Bagikan:

JAKARTA - Song Kang Ho merasa belum memiliki niat untuk duduk di balik layar. Berbekal pengalaman 25 tahun, nyatanya sang aktor yang sudah berakting lebih dari 25 tahun itu belum berencana untuk menjadi sutradara.

Dalam film terbarunya Cobweb, Song Kang Ho berperan sebagai sutradara Kim Ki Yeol yang berjuang untuk merekam ulang adegan terakhir filmnya dan percaya adegan itu bisa menjadikan filmnya lebih baik.

“Saya pikir tidak hanya fokus menjadi sutradara tapi memikirkan apa yang ingin dibawakan dengan banyak karakter dan satu tujuan,” kata Song Kang Ho dalam konferensi pers film Cobweb pada Rabu, 20 September.

“Saya rasa peran sebagai sutradara film itu melampaui kemampuan saya sendiri. Jadi, tidak," katanya lagi.

Sejauh ini, peraih Best Actor dalam Cannes Film Festival ke-75 itu merasa sudah puas dengan pekerjaannya sebagai aktor. Ia menegaskan sejauh ini belum punya rencana satu pun untuk menjadi sutradara.

“Seperti yang saya bilang, saya punya pekerjaan yang lebih dari cukup dan sulit,” kata Song Kang Ho.

Sementara itu, Song Kang Ho mengungkap rasa senangnya bisa dipertemukan dengan sutradara Kim Jee Won dalam karya terbarunya. Keduanya berkolaborasi untuk film kelima setelah pertama kali bertemu dalam film The Quiet Family tahun 1998.

“Sudah 25 tahun kerja sama dan setiap kali saya bermain filmnya, rasanya melewati perjalanan sinema bersama (Kim Jee Won). saya selalu antusias dan berharap besar, apa yang akan saya mainkan, termasuk sekarang,” kata Song Kang Ho.

“Karena saya memikirkan film ini seperti perjalanan, saya rasa dunia ini eksperimental dan penuh tantangan. Itu esensi dari sinema Korea yang dihadirkan Kim Jee Won,” katanya.

Film Cobweb berlatar tahun 1970-an menceritakan Korea Selatan yang melakukan sensor terhadap film dan membatasi ruang gerak cerita. Sukses dengan filmnya, sutradara Kim Ji Yeol (Song Kang Ho) mendapat kritik karena film-filmnya.

Di tengah proses membuat film Cobweb, ia bermimpi soal akhir yang berbeda dari yang dia buat. Dia membutuhkan dua hari untuk mengubah adegan terakhir dan naskahnya. Namun, naskah itu tidak melewati sensor. Kim Ji Yeol berjuang untuk mengubah akhir cerita filmnya.

Film Cobweb akan segera tayang di bioskop Indonesia.