Sering Dijadikan Garnish, Ini 6 Manfaat Daun Parsley untuk Kesehatan
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Daun parsley adalah salah satu jenis sayuran yang tentu sudah tidak asing bagi Anda. Memiliki bentuk daun yang cenderung keriting dan bergerombol, parsley seringkali dianggap sama dengan daun seledri walaupun keduanya ternyata merupakan jenis tumbuhan yang berbeda.

Daun parsley atau dikenal juga sebagai daun peterseli (Petroselinum crispum) merupakan tumbuhan lokal di wilayah Mediterania. Anda tentu seringkali menemui jenis daun yang satu ini sebagai penghias di atas makanan yang seringkali disingkirkan ketika akan menyantap makanan tersebut. 

Namun tahukah Anda, parsley ternyata menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan seperti di bawah ini.

Pencegahan kanker

Peterseli mengandung sejumlah besar flavon apigenin. Meskipun cara mengolah daun parsley dengan dimasak atau dikeringkan daunnya dapat mengurangi beberapa manfaat kesehatan, tapi hal ini meningkatkan apigenin yang tersedia dalam peterseli. Faktanya, peterseli kering adalah sumber apigenin alami terbaik. Flavonoid adalah pigmen pada tanaman berbunga tertentu dan antioksidan kuat. Apigenin telah menunjukkan potensi tertentu sebagai agen antikanker, namun diperlukan lebih banyak penelitian.

Diuresis

Diuresis adalah proses di mana ginjal Anda menghasilkan urin ekstra untuk membuang suatu zat dalam tubuh Anda. Dilansir dari WebMd, Kamis, 21 September, peterseli bekerja sebagai diuretik alami yang kuat dan dapat membantu mengurangi kembung dan tekanan darah.

Kesehatan tulang

Peterseli kaya akan vitamin K, yang dikaitkan dengan kesehatan tulang. Vitamin K mendukung pertumbuhan tulang dan kepadatan mineral tulang. Sebuah penelitian tentang peterseli menemukan bahwa peterseli membantu melindungi terhadap osteoporosis pada tikus.

Kesehatan mata

Peterseli mengandung vitamin A, yang membantu melindungi permukaan mata, serta lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang membantu mencegah degenerasi makula terkait usia.

Melancarkan pencernaan

Manfaat lain dari parsley adalah mampu membantu melancarkan pencernaan Anda. Sebab daun yang satu ini memiliki banyak serat dan merupakan makanan prebiotik bagi bakteri baik di usus yang baik untuk proses pencernaan.

Mencegah anemia

Dan yang terakhir tentang manfaat daun parsley yaitu mampu mencegah anemia. Tahukah Anda, daun parsley memiliki kandungan zat besi tinggi. Sehingga baik dalam mengatasi kekurangan darah atau anemia.

Itulah manfaat dari daun parsley. Apakah setelah mengetahuinya Anda tertarik mencoba?